Apakah salah satu kontak WhatsApp Anda adalah orang yang tidak ingin Anda lihat lagi ada apa Anda atau kapan terakhir online? Jika jawabannya ya, coba blokir orang lain agar tidak melihat pesan WhatsApp Anda, yang dijelaskan di bawah ini.

Padahal, salah satu cara termudah dan tercepat untuk menangani kasus seperti di atas adalah dengan memblokir kontak yang dimaksud. Namun terkadang hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena orang tersebut bisa saja saudara, tetangga atau mungkin rekan kerja.

Untuk itu diperlukan solusi yang dapat menghadapinya namun tidak terlalu mencolok bagi yang bersangkutan, agar tidak membuat tidak nyaman atau merusak hubungan baik yang telah terjalin selama ini. Jadi apa saja caranya? Periksa daftar di bawah ini!

Beberapa cara untuk mencegah orang melihat pesan WhatsApp Anda

Berikut adalah beberapa cara untuk menghentikan orang menguntit WhatsApp Anda dan membuat Anda sangat kesal atau tidak nyaman, tetapi tidak punya nyali untuk menegur atau langsung memblokir:

1. Nonaktifkan Terlihat Terakhir

Nonaktifkan Terlihat Terakhir

Privasi pertama yang bisa Anda batasi adalah informasi tentang kapan terakhir kali Anda online atau membuka WhatsApp. Caranya sangat sederhana karena Anda hanya perlu menonaktifkan fungsi yang terakhir terlihat dengan cara berikut:

  • masuk ke menu pengaturan di WhatsApp yang terletak di pojok kanan bawah untuk iPhone dan klik ikpada tiga titik tegak lurus di sudut kanan atas untuk perangkat Android.
  • Pilih submenu akun / akun di whatsapp.
  • masuk ke bagian
  • Temukan posting dan klik di atasnya Terakhir terlihat dan hapus centang pada kotak di sebelah kanan item ini atau geser tombol nonaktifkan.

2. Sembunyikan foto

Sembunyikan foto

Jika Anda mencurigai bahwa orang yang ingin memantau aktivitas WhatsApp Anda memiliki niat buruk atau kemungkinan menyebabkan masalah/kerugian di kemudian hari, Anda juga harus menyembunyikan foto profil Anda.

  • Cara termudah adalah Anda tidak perlu memposting foto sama sekali. Namun jika Anda tidak dapat melakukannya, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat foto profil tersebut dengan:
  • masuk ke menu pengaturan dan pilih
  • Pilih bagian pribadi dan klik foto Profil.
  • Tiga opsi akan muncul yaitu Setiap orang (Siapa pun yang memiliki nomor WhatsApp Anda dapat melihat gambar profil Anda meskipun Anda tidak menyimpan kontaknya), kontak saya (hanya daftar kontak yang dapat ditampilkan) dan Tidak ada (Tidak ada yang bisa melihat foto Anda).
  • Kamu bisa memilih Tidak ada untuk opsi paling sederhana atau pilih kontak saya tapi hapus dulu nomor orang yang menyukai penguntitmu.

3. Nonaktifkan centang biru

Nonaktifkan BlueCheck

Saat pesan sudah terkirim di WhatsApp, akan muncul dua centang berwarna abu-abu dan saat pesan sudah terbaca, warnanya berubah menjadi biru.

Jika pesan tidak terkirim, mungkin karena ponsel penerima mati atau tidak terhubung ke internet, hanya akan dicentang centang dan warnanya abu-abu. Jika penguntit adalah seseorang yang sering mengirimi Anda pesan, Anda mungkin merasa lebih nyaman untuk menonaktifkan Read wa dengan cara berikut:

  • ditambahkan pengaturan dan pilih
  • Memilih pribadi dan gulir ke bawah sedikit untuk menemukan teks tanda terima terbaca.
  • Geser tombol di sebelah kanan posting ini untuk menonaktifkan atau menghapus centangnya. Namun jika Anda mematikan fitur ini, Anda juga tidak akan tahu apakah pesan yang Anda kirimkan sudah dibaca oleh teman/anggota keluarga Anda atau belum.

4. Batasi masuk grup

Batasi entri grup

WhatsApp hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda menetapkan batasan sehingga orang lain tidak menambahkan Anda secara acak ke grup.

Anda dapat menemukan fungsi ini di menu pribadi yang bisa dibuka sebagian pengaturan seperti langkah-langkah pada poin sebelumnya. Cukup cari grup dan klik, maka tiga opsi berikut akan muncul:

  • Setiap orang (Siapa pun dapat menambahkan Anda ke grup selama mereka memiliki nomor WhatsApp Anda)
  • Kontak (Anda hanya dapat menambahkan nomor ke grup yang Anda simpan di buku telepon Anda)
  • Tidak ada (Tidak ada yang dapat menambahkan Anda ke grup, termasuk teman dan keluarga yang nomornya telah Anda simpan).

Anda dapat memilih Kontak jika Anda belum menyimpan nomor penguntit, dan Anda dapat memilih Tidak Ada jika Anda masih perlu menyimpan nomor tersebut karena alasan tertentu.

5. Atur notifikasi di layar

Siapkan notifikasi di layar

Misalnya, jika ponsel Anda sering dipinjam oleh orang lain dan Anda merasa tidak nyaman ketika pesan masuk dibaca oleh mereka, Anda dapat mencegah orang melihat pesan WhatsApp Anda dengan mengatur notifikasi di WhatsApp sebagai berikut:

  • Khusus untuk perangkat iOS, Anda dapat memanggil menu pengaturan dan pilih submenu
  • Selanjutnya, lihat bagiannya gaya notifikasi dan klik di daftar aplikasi yang ada
  • Sekarang klik Posting tampilkan Pratinjau dan pilih dari tiga opsi yang tersedia Saat tidak terkunci. Dua opsi lainnya adalah Selalu dan

Jika Anda memilih “Tidak Pernah”, Anda akan sering melewatkan obrolan dan panggilan di WhatsApp karena aplikasi tidak akan mengirimkan notifikasi apa pun di layar hingga Anda membuka aplikasi. Jika Anda memilih Selalu, notifikasi selalu ditampilkan.

Namun, jika Anda memilih “On unlock”, notifikasi hanya akan muncul saat layar ponsel terkunci. Tentu saja, saat Anda meminjam ponsel, layarnya tidak terkunci, bukan? Oleh karena itu, notifikasi WhatsApp tidak akan muncul di layar.

Hindari mendapat masalah atau kerugian di kemudian hari karena seseorang terus-menerus mengintip atau mengikuti Anda dengan menggunakan salah satu atau semua cara untuk mencegah orang lain melihat pesan WhatsApp Anda dihapus pada penjelasan di atas.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]