Helm bau apek Helm merupakan perangkat yang wajib dimiliki dan dikenakan bagi pengendara sepeda motor. Tak hanya berguna untuk menunjang keselamatan, perangkat ini juga akan membuat Anda terlihat lebih keren saat mengendarai motor.

Namun karena sering digunakan, tidak jarang helm kita mengeluarkan bau yang tidak sedap. Penyebabnya beragam, mulai dari keringat hingga kotoran yang menempel di helm. Bau apek pada helm ini tentunya akan mengganggu Anda saat memakainya.

Helm bau apek

Sebenarnya cukup mudah untuk mencegah helm berbau apek. Namun itu semua kembali lagi pada kebiasaan pemilik bagaimana merawat helmnya. Jadi bagaimana? Ini beberapa cara menghilangkan bau apek pada helm;

1. Buka pelindung setelah digunakan

Helm bau apek

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau apek pada helm kesayangan Anda adalah dengan membuka kaca helm setelah digunakan. Hal itu dilakukan tidak sembarangan. Pasalnya, saat kita memakai helm, keringat dan debu tidak hanya menempel di wajah, tapi juga menempel di lapisan busa helm.

Nah, jika setelah menggunakan helm tidak membuka visor maka keringat dan debu yang menempel pada lapisan busa akan menimbulkan bau tidak sedap pada helm. Visor helm yang dibuka setelah digunakan bertujuan untuk memperlancar sirkulasi udara agar tidak bau keringat.

2. Keringkan helm

Helm bau apek
Helm bau apek

Masih berkaitan dengan poin pertama. Untuk menghilangkan bau apek pada helm kesayangan Anda, Anda juga harus mengeringkan helm tersebut. Setidaknya, luangkan waktu untuk menjemur helm dalam seminggu sekali.

Yang perlu diingat, pastikan saat menjemur helm menghadap ke atas agar sinar matahari dapat masuk ke seluruh bagian helm.

3. Lepas dan bersihkan kaca dan busa helm

Helm bau apek
Helm bau apek

Jika kedua poin ini sudah Anda lakukan namun bau tidak sedap masih belum mau hilang dari helm, Anda bisa melepas dan membersihkan kaca dan busa helm tersebut. Namun, sebelum melakukannya, pastikan helm Anda memiliki fitur ‘remove padding’ atau busanya bisa dilepas.

Lepaskan kaca helm atau visor dan seluruh bagian busanya hingga helm menjadi cangkang hanya dengan gabus yang keras. Namun jika busa helm tidak bisa dilepas, jangan dipaksakan karena justru akan merusak helm.

4. Rendam busa dalam air sabun

Helm bau apek
Helm bau apek

Jika busa sudah hilang dari helm, sekarang saatnya merendam busa di air sabun atau shampo selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, sikat busa dengan lembut dan hati-hati menggunakan sikat kecil hingga bersih. Cara ini paling efektif untuk menghilangkan helm bau apek.

Lakukan cara ini minimal sebulan sekali agar helm kesayangan Anda bersih dan bebas dari bau tidak sedap atau apek.

5. Kenakan balaclava dan parfum

Helm bau apek
Helm bau apek

Jika Anda termasuk pria yang tidak bisa menghilangkan minyak rambut, balaclava bisa menjadi alternatif lain. Bagi yang belum tahu, balaclava adalah sejenis topeng kepala atau biasa disebut topeng ninja. Tidak hanya melindungi Anda dari debu dan polusi saat bepergian, nyatanya masker ninja juga berfungsi untuk meminimalisir bau apek yang berasal dari minyak rambut yang menempel di permukaan bagian dalam helm.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan parfum yang mudah ditemukan di pasaran. Gunakan seperlunya saja, jangan berlebihan. Pasalnya, hal ini hanya bisa membuat bakteri tumbuh dengan cepat.

Cara membersihkan kaca helm

Helm bau apek
Helm bau apek

Selain busa, Anda juga harus menjaga kebersihan kaca helm. Namun, penanganannya tidak boleh sembarangan. Pasalnya, jika salah merawatnya, kaca helm akan tergores dan tergores sehingga mengganggu pandangan.

Nah, untuk membersihkannya, siram dulu kaca helm dengan air hangat. Setelah itu, campurkan air dengan sampo bayi dan aduk hingga menghasilkan busa. Selanjutnya, gunakan permukaan atau busa yang lembut dan seka kaca helm hingga rata. Yang perlu diingat adalah pada bagian luar jangan menggunakan cairan kimia apapun karena dapat mengikis lapisan gloss.

Jika langkah-langkah tersebut sudah Anda lakukan, pasang kembali semua bagian helm dengan benar dan Anda dapat menggunakan kembali helm tersebut. Selain tampilan yang jelas, helm bau apek juga hilang.

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts