Bersihkan piston mesin Hal ini penting mengingat komponen piston pada motor berperan sangat penting dalam mekanisme mesin. Komponen ini akan bergerak naik turun di dalam silinder untuk melakukan langkah hisap, kompresi, pembakaran, dan buang.

Fungsi utama piston adalah meneruskan tekanan yang dihasilkan dari proses pembakaran untuk memutar poros engkol. Selanjutnya motor dapat melaju karena engkol menggerakkan transmisi yang dihubungkan dengan rantai ke roda. Namun, proses ini dapat terganggu jika membersihkan piston mesin harus dilakukan.

Bersihkan piston mesin

Pasalnya karena proses pembakaran yang terus menerus, lama kelamaan piston akan kotor. Dampaknya akan mempengaruhi kinerja akibat akumulasi timbangan yang menempel. Jika demikian, piston harus dibersihkan.

Ternyata caranya tidak sulit, bahkan tidak perlu membongkar mesinnya. Ingin tahu seperti apa rasanya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Periksa ruang bakar dari lubang busi

Bersihkan piston mesin. (Shutterstock)

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan piston tanpa harus membongkar blok mesin. Hanya saja, dengan melakukan cara tersebut, Anda pasti membutuhkan perangkat pendukung berupa kamera kecil yang bisa digunakan untuk melihat ruang bakar.

Sebaiknya gunakan Monitoring Type Borescope atau perangkat canggih yang memiliki kamera mungil di ujungnya yang dapat memudahkan pengamatan dan melihat bagian dalam mesin. Pengamatan yang dilakukan cukup sederhana, yakni mengecek seberapa parah kotoran atau kerak yang menempel di piston.

Jika kotorannya masih tergolong tipis, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah kedua. Lain cerita jika kotorannya kental atau membandel. Mau tidak mau, cara membersihkannya harus dengan membongkar blok mesin.

2. Semprotkan cairan Kondisioner Mesin

Bersihkan piston mesin
Bersihkan piston mesin

Langkah selanjutnya untuk membersihkan kerak pada piston adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih bertekanan bernama Engine Conditioner melalui lubang busi. Untuk mendapatkan cairan pembersih ini, Anda bisa mencarinya di aplikasi Bukalapak dengan kata pencarian Engine Conditioner.

Penyemprotan tergantung banyaknya kotoran pada piston motor anda. Jika sangat kotor, Anda mungkin memerlukan ECQ dengan kemasan 100 ml atau lebih.

3. Biarkan selama lima menit

Bersihkan piston mesin
Bersihkan piston mesin. (Shutterstock)

Jika sudah menyemprot di dalam silinder mesin dan mengenai piston, setelah itu tinggal menunggu selama 5 menit. Cairan pembersih membutuhkan waktu untuk meluruhkan kerak pada piston. Dalam proses membersihkan piston mesin Dalam hal ini, kandungan cairan Engine Conditioner bereaksi untuk membasmi kotoran pada piston.

Kelebihan dari Engine Conditioner ini adalah kerak hasil reaksi akan berbentuk cair. Sehingga sangat aman untuk dinding silinder. Karena jika reaksi tersebut membuat kerak tetap padat, maka bisa menimbulkan masalah lain.

4. Ganti busi

Bersihkan piston mesin
Bersihkan piston mesin. (Shutterstock)

Setelah langkah sebelumnya sudah dilakukan, barulah ganti busi. Pastikan busi terpasang dengan benar. Jangan lupa untuk menyambungkan kembali kepala busi ke busi, agar aliran listrik dapat terkoneksi untuk menjalankan mesin.

Jika busi ternyata kotor, Anda bisa menggantinya dengan busi baru. Akan lebih baik lagi jika busi yang digunakan adalah tipe Iridium. Dengan begitu, proses pengapian akan lebih optimal.

5. Injak kick starter

aktifkan mesin dengan menginjak kick starter (Sumber: Shutterstock)
Aktifkan mesin dengan menginjak kick starter (Sumber: Shutterstock)

Setelah 5 menit nyalakan motor menggunakan kick starter atau engkol, lalu buka gas hingga kompresi tinggi agar cairan dan kotoran menyembur keluar dari mesin. Jangan heran jika nantinya mesin akan terasa melengking dan keluar asap putih, hal itu dikarenakan hasil pembakaran dan sisa cairan pembersih yang masih berada di dalam ruang mesin.

Jangan khawatir dengan kondisi ini, lama kelamaan proses pembakaran menjadi normal kembali, asap putih akan hilang dengan sendirinya. Nah langkah selanjutnya anda bisa memainkan bukaan gas untuk membantu proses pembersihan, tapi ingat jangan terlalu menekannya karena bisa mengganggu orang disekitar anda.

Semoga beruntung membersihkan piston mesin sayang ya!

Baca juga artikel terkait Otomotif atau postingan menarik lainnya di OpenReview.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]