Selama pandemi, cara merawat aki mobil yang jarang digunakan wajib diketahui oleh pemilik kendaraan roda empat yang terpaksa menerapkan WFH atau work from home. Karena mobil yang jarang dipakai bisa membuat performa aki menurun.

Meski begitu, penurunan performa aki karena mobil jarang digunakan bisa dicegah. Apalagi aki merupakan salah satu komponen penting pada mobil untuk menghidupkan mesin kendaraan dan komponen kelistrikan lainnya. Karena itu, lebih baik Anda melakukannya cara merawat aki mobil yang jarang digunakan.

Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan

Jika aki bermasalah, dikhawatirkan kerusakan akan merembet ke komponen lain di dalam mobil yang membutuhkan daya aki. Selain itu, harga aki mobil tidak bisa dikatakan murah jika harus menggantinya karena performa yang menurun karena mobil jarang digunakan.

Nah, demi menjaga performa aki, simak tips merawat aki mobil yang jarang digunakan berikut ini.

1. Panaskan mobil

Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan (shutterstock)

Salah satu cara agar performa aki tetap optimal adalah dengan melakukan pemanasan mobil secara rutin. Karena rutinitas ini akan membuat arus tegangan di aki bergerak untuk mengalirkan listrik ke komponen kelistrikan di dalam mobil.

Selain itu, proses memanaskan kendaraan juga akan mengalirkan tegangan ke aki sehingga mencegah terjadinya kekurangan daya. Keunggulan lainnya adalah mencegah kerusakan pada komponen kelistrikan mobil karena sudah lama tidak dialiri listrik.

2. Nyalakan mobil

Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan
Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan (pexels)

Meski bisa mencegah kerusakan komponen elektronik mobil, proses memanaskan mobil ternyata tidak maksimal untuk mengisi baterai. Pasalnya, komponen charging pada mobil baru akan mengalirkan tenaga ke baterai pada putaran mesin sekitar 2.000 rpm.

Maka dari itu proses memanaskan mobil juga disarankan untuk sesekali dikendarai selama beberapa menit. Dengan begitu pengisian daya menjadi lebih optimal, sehingga aki mobil tidak kehabisan daya.

Usahakan berkendara lebih dari 5 menit, karena ada proses recovery oleh komponen charging dan baterai selama ini sebelum charging benar-benar dilakukan. Adapun sayaKesepakatannya adalah mobil dikemudikan selama 30 menit.

3. Kabel tterminal baterai

Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan
Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan

Sebelum memanaskan kendaraan, tak ada salahnya mengecek terlebih dahulu kondisi aki. Terutama pada bagian terminal aki karena bagian ini sangat penting sebagai penghubung arus listrik dengan komponen-komponen yang ada di dalam mobil.

Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan Hal ini cukup penting karena dikhawatirkan sambungan terminal aki yang kendor malah membuat pengisian daya menjadi tidak maksimal. Selain itu, sambungan yang kendor juga bisa membuat komponen kelistrikan mobil menjadi tidak stabil. Jadi, pastikan sambungan terminal baterai terpasang dengan kencang.

4. Periksa korosi

Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan
Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan

Hal selanjutnya yang juga harus diperhatikan adalah korosi yang biasanya muncul pada tiang-tiang aki. Munculnya korosi pada tiang atau sambungan baterai dapat mengganggu pasokan listrik. Umumnya, korosi pada baterai sering muncul di kutub positif.

Jadi sebelum mengganggu kinerja aki, bersihkan dulu korosi yang muncul pada tiang-tiang aki. Caranya mudah karena Anda hanya perlu menyiramnya dengan air panas, lalu menyikatnya dengan sikat gigi hingga karatnya hilang.

5. Periksa level air baterai

Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan
Cara merawat aki mobil yang jarang digunakan

Tips terakhir yang harus dilakukan dan yang paling penting adalah mengecek level air aki. Karena aki dengan ketinggian air di bawah standar tentu tidak akan mampu menyimpan daya secara maksimal.

Selain itu, arus listrik pada aki yang kekurangan air tentunya juga akan berkurang sehingga dapat mengganggu komponen kelistrikan pada mobil. Namun penambahan air aki hanya berlaku untuk aki basah atau aki hybrid.

Jadi, semoga berhasil cara merawat aki mobil yang jarang digunakan Ya!

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts