Cara menghemat BBM pada mobil matic dapat diterapkan pada pemilik kendaraan bertransmisi otomatis yang relatif dihindari oleh masyarakat karena stigma yang melekat pada pemborosan. Selain itu, sebagian orang masih beranggapan bahwa merawat mobil matic jauh lebih sulit daripada mobil manual.

Dengan berbagai stigma tersebut, mobil matic bekas biasanya memiliki harga yang relatif lebih murah. Padahal harga jual kembali menjadi salah satu kriteria calon pembeli khususnya di Indonesia.

Namun seiring dengan kemajuan teknologi, mobil matic semakin irit konsumsi bahan bakarnya. Bahkan jika pengemudinya cukup mahir, mobil matic malah bisa lebih irit dibandingkan mobil dengan transmisi manual.

Meski perkembangan teknologi memungkinkan penggunaan bahan bakar yang efisien pada mobil matic, bukan berarti kita bisa berkendara sesuka hati. Ada beberapa tips yang bisa dimaksimalkan agar konsumsi bahan bakar pada mobil matic bisa lebih irit lagi.

Apa pun? Mendengarkan cara menghemat bbm mobil matic Hal berikut dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

1. Pertahankan RPM di 2.000

Cara menghemat BBM pada mobil matic. Foto: Istimewa

Mobil matic khususnya CVT seringkali membuat pengemudi terlena sehingga RPM terus naik tanpa terasa apalagi jika jalanan sepi.

Nah, ini harus diperhatikan karena RPM tahun 2000-an merupakan kondisi yang ideal untuk menghemat bahan bakar. Pada mobil-mobil tertentu, ketika kondisi ideal tersebut tercapai, indikator akan menyala, dan biasanya indikator tersebut bertuliskan ECO atau semacamnya.

2. Kurangi penggunaan rem

Cara menghemat BBM pada mobil matic
Cara menghemat BBM pada mobil matic. Sumber: driveredguru

Kurangi penggunaan rem untuk hal-hal yang tidak penting. Jika sudah berencana untuk mengurangi kecepatan, akan lebih baik melakukan deselerasi (mengurangi kecepatan secara perlahan).

Pada mobil matic, jika menginjak rem untuk sesuatu yang tidak terlalu penting, maka biasanya pengendara akan menginjak gas lagi untuk melanjutkan perjalanan, otomatis konsumsi bahan bakar pasti akan lebih boros.

Dengan menginjak rem pada saat yang sangat dibutuhkan, selain menghemat bahan bakar, juga akan menghemat kampas rem.

3. Perilaku dan gaya mengemudi

Cara menghemat BBM pada mobil matic
Cara menghemat BBM pada mobil matic. Sumber: Cardudi

Kenali mobil Anda dengan baik dan sesuaikan gaya mengemudi Anda untuk mendapatkan kondisi ideal untuk menghemat bahan bakar.

Perhatikan bahwa ada mobil matic yang menggunakan model matic AGS, yang tentunya perlu diperlakukan berbeda dengan matic atau CVT konvensional.

Cara menghemat BBM pada mobil matic yang juga bisa dicoba adalah memperhatikan beberapa kebiasaan baik untuk menghemat bahan bakar. Beberapa contohnya antara lain selalu berusaha untuk parkir di tempat teduh agar saat ingin digunakan lagi tidak perlu menggunakan AC yang terlalu dingin, kemudian mengisi bahan bakar saat suhu udara tidak panas (sebaiknya di pagi hari). ), menggunakan tekanan ban yang sesuai, dan sebagainya.

4. Gunakan oli sintetik

Cara menghemat BBM pada mobil matic
Cara menghemat BBM pada mobil matic. Foto: Istimewa

Oli berperan penting dalam mengurangi gesekan antar komponen mesin. Semakin kecil gesekan yang terjadi tentunya akan semakin efisien kinerjanya dan pada akhirnya akan menghemat bahan bakar.

Secara umum, oli sintetik lebih mampu memberikan penghematan bahan bakar, selain lebih tahan lama dibandingkan oli mineral.

5. Sering-seringlah membersihkan filter udara

Cara menghemat BBM pada mobil matic
Cara menghemat BBM pada mobil matic. Foto: Istimewa

Saringan udara adalah penyaring yang membersihkan udara yang akan masuk ke ruang bakar. Namanya juga saringan, ia akan menahan kotoran yang masuk sehingga dirinya sendiri menjadi kotor.

Sampai batas tertentu filter dapat dibersihkan dan digunakan kembali. Namun ketika sudah mencapai batasnya, tentunya perlu diganti.

Jadi, semoga berhasil cara menghemat bbm mobil matic di atas ya.

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts