Untuk mendapatkan performa motor yang optimal dan tenaga yang responsif, perbedaan karburator asli dan palsu pasti harus tahu. Pasalnya, meski memiliki harga yang biasanya lebih mahal, penggunaan suku cadang original tentu menjanjikan pengendaraan yang optimal.

    Lain ceritanya jika menggunakan sparepart palsu atau tiruan, misalnya. Salah-salah motor Anda malah tidak bisa berakselerasi dengan optimal. Nah, salah satu spare part yang sering dipalsukan adalah karburator. Tapi jangan khawatir, karena perbedaan karburator asli dan palsu dapat diteliti.

    Perbedaan karburator asli dan palsu

    Terutama karburator yang memiliki spesifikasi untuk balap. Banyak yang dipalsukan karena memiliki harga yang tinggi dan diburu oleh para pecinta kecepatan. Bagi anda yang sedang mencari karburator, coba tolak tawaran karburator berspesifikasi racing namun dijual dengan harga murah. Bisa jadi karburator itu palsu.

    Lalu bagaimana cara mengetahui perbedaan karburator asli dan palsu?

    1. Perhatikan warnanya

    perbedaan karburator asli dan palsu (bukalapak)

    Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melihat secara visual terlebih dahulu. Idealnya untuk menentukan karburator mana yang asli dan mana yang tidak, Anda harus mengetahui ciri-ciri karburator yang ada pada motor Anda sendiri, agar lebih mudah membedakannya.

    Contoh Karburator lansiran Mikuni, produk original biasanya memiliki warna body abu-abu tua dan tidak mengkilat. Bedanya dengan karburator abal-abal ditawarkan dengan warna bodi abu-abu yang sangat terang. Jika Anda dihadapkan pada model karburator yang lebih ringan, Anda harus curiga bahwa karburator itu palsu.

    2. Perhatikan teksturnya

    perbedaan karburator asli dan palsu
    perbedaan karburator asli dan palsu (shutterstock)

    Jika Anda sudah memastikan perbedaan karburator asli dan palsu secara kasat mata, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah meraba bodi karburator. Dari berbagai review, karburator asli memiliki tekstur bodi yang cenderung halus saat disentuh, berbeda dengan karburator abal-abal yang terasa kasar saat dipegang bodi.

    Selain itu, di beberapa bagian selama Anda jeli, Anda juga bisa merasakan persendian yang kurang rapi. Jika Anda menemukan karburator dengan karakteristik seperti itu, Anda dapat mengatakan bahwa karburator itu palsu.

    3. Ada kode tertentu

    perbedaan karburator asli dan palsu
    perbedaan karburator asli dan palsu

    Jika masih sulit membedakan warna dan tekstur bodinya, Anda bisa membedakan karburator asli dan palsu dari kode-kode tertentu. Biasanya berupa huruf dan angka yang terdapat pada karburator. Kodenya juga berbeda-beda, tergantung pabrikan karburatornya.

    Namun yang perlu ditekankan bukanlah struktur kodenya, melainkan bentuk dan tampilan kode itu sendiri. Biasanya tahu perbedaan karburator asli dan palsu salah satunya bisa dilihat pada kode-kode tertentu berupa ukiran yang dibuat serapi mungkin pada bagian karburator. Dari sini terlihat bahwa karburator memang diproduksi secara massal dan asli.

    Ini berbeda dengan karburator palsu yang kode ukirannya berantakan dan tidak tepat, atau kode pada karburator dibuat sendiri oleh pabrikan.

    4. Hasil produksi tidak rapi

    perbedaan karburator asli dan palsu
    perbedaan karburator asli dan palsu (shutterstock)

    Pecinta otomotif khususnya kendaraan roda dua sering menemukan karburator dengan kualitas produksi yang rendah. Artinya, karburator yang dijual memiliki beberapa part cacat yang berpotensi mengganggu performa motor nantinya.

    Serta lubang yang tidak presisi. Akibatnya ketika Anda melakukan pengaturan akan lebih sulit.

    5. Harga dengan harga terjangkau

    perbedaan karburator asli dan palsu
    perbedaan karburator asli dan palsu (shutterstock)

    Jika anda tergiur dengan karburator dengan harga yang sangat murah. Waspada. Bukan tidak mungkin, karburatornya palsu.

    Karburator seperti Keihin, Mikuni, Sudco, Kawahara, TDR, atau lainnya dibandrol dengan harga cukup tinggi karena menjanjikan performa di atas rata-rata. Karena itu banyak orang yang menggunakannya untuk membuat karburator sejenis dan harganya sangat murah.

    Kisaran karburator asli bisa didapatkan dari kisaran harga Rp. 700 ribu hingga di atas Rp. 1,5 juta. Sedangkan yang palsu bisa jadi setengahnya.

    Semoga informasi mengenai perbedaan karburator asli dan palsu ini berguna, ya!

    Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya di AutoMagz.

    Recommended Posts