Musim hujan di Indonesia belum usai. Genangan air yang kerap muncul setiap hujan pun menimbulkan potensi jatuh saat berkendara sepeda motor.

Pengendara motor memang mesti ekstra hati-hati ketika menunggang ‘kuda besi’ di musim hujan seperti sekarang ini. Soalnya, kondisi jalan sering menjadi lebih licin.

Genangan-genangan air yang selalu muncul ketika atau setelah hujan pun memunculkan risiko hydroplaning.

Sekadar informasi, hydroplaning adalah momen saat ban motor atau mobil gagal mengalirkan genangan air secara sempurna, sehingga membuat roda kehilangan cengkeraman alias traksi ke permukaan jalan.

Hydroplaning lebih berbahaya bagi pengendara serta penumpang motor, daripada mobil. Soalnya, begitu terjadi, keseimbangan motor bisa hilang dan dia si pengendara serta penumpang bisa langsung terjatuh ke aspal.

5 Cara Berkendara Motor Melewati Genangan Air

Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta Setiawan Andy pun menginformasikan lima tips berkendara motor melewati genangan air di musim hujan. Berikut paparannya, seperti dikutip dari keterangan resmi Yamaha pada Rabu (16/11/2022).

tips berkendara motor di musim hujan

Pastikan Kondisi Motor Sebelum Berkendara

Poin paling pertama adalah memastikan motor dalam keadaan prima, sebelum berkendara. Di antaranya dengan melihat kondisi mesin, rem, ban.

Haram hukumnya, ban dalam kondisi ‘botak’. Tekanan angin pun harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Kurangi Kecepatan Saat Lewati Genangan Air

Sebelum melibas genangan, pengendara motor wajib mengurangi kecepatan. Tekan tuas—atau pedal—rem depan maupun belakang secara halus supaya mengurangi risiko selip di jalur basah.

Atur Posisi Berkendara di Atas Motor

Buat tubuh, tangan, serta bahu menjadi rileks sebelum dan saat melewati genangan. Apalagi di atas jalan rusak yang membutuhkan keseimbangan tubuh untuk mengendalikan motor.

Kaki, lutut pengendara sebaiknya menjepit tangki bahan bakar apabila menggunakan motor sport. Jika menggunakan motor bebek atau skutik, pastikan kaki bisa rapat di dalam dek motor.

Minimalisir Cipratan Air ke Motor

Kurangi semaksimal mungkin cipratan maupun arus air ke motor. Soalnya, hal tersebut dapat menganggu keseimbangan serta kondisi mesin.

Tips Terakhir Melewati Genangan Air, Kenali Karakter Jalan!

Lebih bijak jika pengendara motor dapat mencari jalan alternatif lain yang lebih minim genangan air, saat musim hujan. Tapi, jika tak bisa, akan lebih bagus bila sang penunggang sudah mengenali karakter jalan, termasuk bagian-bagian permukaan yang rusak.

Recommended Posts