Piston asli Honda tentu menjadi incaran para pemilik motor honda yang ingin melakukan perbaikan. Sayangnya, banyak beredar suku cadang sepeda motor palsu di pasaran. Salah satu yang sering dipalsukan atau lebih dikenal dengan KW adalah piston Honda.

Sepintas, piston asli Honda dan KW tidak terlalu terlihat berbeda. Maklum, piston palsu sudah dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Namun tentunya kualitas piston kw harus dipertanyakan karena belum tentu melalui standar produksi yang baik seperti yang terjadi. Piston asli Honda.

Piston asli Honda

Karena kualitasnya yang diragukan, dikhawatirkan penggunaan piston kw tidak akan bertahan lama dan dapat menyebabkan kerusakan mesin lebih lanjut. Nah, agar tidak salah beli piston, simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui cara membedakan piston asli Honda dengan yang palsu.

1. Bungkus Piston Menyeluruh

Piston asli Honda. (Bukalapak)

Cara membedakan piston Honda asli dan palsu yang pertama adalah dengan memperhatikan tampilannya. Untuk membedakannya, pabrikan memasang indikator keaslian berupa PT. Astra Honda Motor dan Honda Genuine Part dalam satu paket. Tulisan lain yang tertera di kemasan juga terbaca dengan jelas, tidak buram.

Selain itu, piston wrap original Honda dibuat rapi di semua sisi. Jangan pernah membeli piston dengan casing yang rusak.

2. Bentuk piston dibuat presisi

Piston asli Honda
Piston asli Honda

Selain melihat kemasannya dengan seksama, cara lain untuk membedakan piston asli dan palsu adalah dengan merasakan komponennya secara langsung. Piston asli dari Honda dibuat dengan sangat presisi.

Misalnya lubang oli pada dinding piston dibuat dengan derajat kemiringan yang sesuai, sehingga distribusi pelumasan lebih optimal dan merata. Selain itu, tingkat kemiringan yang presisi juga membuat sisa pembakaran liner menjadi lebih bersih. Piston asli dibuat sesuai desain Honda Motor Jepang untuk memenuhi spesifikasi sepeda motor Honda.

Bedanya dengan piston palsu, terlihat tidak presisi. Misalnya untuk lubang oli, derajat kemiringannya ganjil. Kemudian di beberapa bagian muncul tekstur yang kasar, artinya dibuat tanpa perhitungan yang tepat sehingga ternyata asal-asalan saja.

3. Mampu Menahan Panas 750 Derajat Celcius

Piston asli Honda
Piston asli Honda. (shutterstock)

Letak piston berada di dalam ruang bakar, fungsinya untuk mengubah energi pembakaran menjadi energi mekanik agar motor dapat berjalan. Oleh karena itu, piston harus dapat menerima panas dengan baik. Honda sendiri memiliki standar, Piston asli Honda Dibuat untuk menahan panas hingga 750 derajat Celcius.

Jika piston palsu, dipastikan tidak akan kuat menerima panas yang begitu kuat. Akibatnya mudah rusak baik itu bengkok, meleleh, dll yang menyebabkan proses pembakaran di dalam mesin menjadi tidak sempurna.

4. Dijual Satu Paket Piston

Piston asli Honda
Piston asli Honda. (Honda Cengkareng)

Honda biasanya menjual piston untuk motor barunya dalam satu paket atau Piston Kit. Jadi saat membeli, tidak hanya mendapatkan piston saja. Di dalamnya terdapat ring piston, pin piston, liner piston dan berbagai komponen pelengkap lainnya.

5. Saat piston digunakan, mesin bekerja maksimal

Piston asli Honda
Piston asli Honda

Piston asli Honda memastikan mesin bisa bekerja maksimal. Artinya dapat melakukan pembakaran dengan baik dan membuat motor berjalan dengan stabil. Piston original juga dikenal memiliki daya tahan yang baik. Jadi tidak akan ada masalah saat motor Anda bekerja keras misalnya tur jarak jauh.

Berbeda halnya dengan piston palsu yang memiliki banyak kekurangan. Misalnya, dengan bentuk yang tidak presisi, piston palsu bisa saja tidak bisa menghasilkan pembakaran yang optimal di dalam mesin. Kemudian yang terparah, adanya piston palsu justru membuat komponen lain rusak.

Jadi jangan coba-coba membeli piston palsu. Dari salah satu komponen tersebut, bisa jadi motor Anda akan rusak total dan tidak bisa dikendarai. Apakah Anda benar-benar ingin mengganti sepeda motor baru? Tentu uang yang dikeluarkan akan jauh lebih besar.

Jadi, lebih sadar akan perbedaannya Piston asli Honda dan yang palsu!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya di AutoMagz.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]