Bedakan kampas rem asli dan palsu lebih baik dipahami. Pasalnya spare part yang satu ini sering dipalsukan. Dampaknya tentu saja performa pengereman tidak akan sesuai harapan, bahkan berbahaya.

Memang ada berbagai merk kampas rem yang tersedia di pasaran. Mulai dari kualitas terendah hingga tertinggi dengan harga bervariasi. Namun bahayanya adalah penjual yang menawarkan kampas rem palsu. Jadi kemasannya asli dari pabrikan motor tapi kanvasnya palsu alias KW. Oleh karena itu pemilik kendaraan harus mengetahuinya bedakan kampas rem asli dan palsu.

Bedakan kampas rem asli dan palsu

Kanvas palsu yang disamarkan sebagai produk asli tentu merugikan karena pemilik kendaraan bisa saja membayar harga aslinya. Padahal kualitas yang ditawarkan jauh dari kata baik. Kanvas palsu juga tidak akan bertahan lama.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin salah membeli kampas rem, simak tips berikut ini;

1. Keanehan di Bungkusnya

Bedakan kampas rem asli dan palsu. (Bukalapak)

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek terlebih dahulu kampas rem yang ditawarkan. Ada berbagai indikator yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan kampas rem asli dan KW.

Misalnya pada kampas rem Astra Honda Motor (AHM), perbedaannya bisa dilihat dari stiker hologram yang menempel. Pada kemasan rem asli, hologram tersebut akan menampilkan logo AHM dan Honda Genuine Parts (HGP). Sedangkan pada bungkus rem KW memang terdapat hologram, namun tidak menunjukkan logo AHM atau HGP.

Selain itu, kampas rem asli juga memiliki alamat dari pabrikan yang tertulis di atasnya. Sedangkan kampas rem palsu hanya menampilkan logo perusahaan tanpa alamat.

2. Jangan tergiur dengan harga murah

Bedakan kampas rem asli dan palsu
Bedakan kampas rem asli dan palsu. (Bukalapak)

Selain kemasan, penjual kampas rem KW juga biasanya menjual kampas rem palsu dengan harga yang relatif miring. Jika pada umumnya harga kampas rem cakram asli pabrikan dijual Rp 45 sampai 55 ribu. Bantalan rem aftermarket bahkan lebih mahal. Sedangkan untuk kampas rem KW bisa dibanderol setengah dari selisih harga.

Jika Anda ditawari harga yang terlalu murah, sebaiknya tolak dan cari penjual lain. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut bukan? Jika Anda menggunakan kampas rem palsu yang belum teruji kualitasnya, performa pengereman mungkin kurang baik. Apalagi rem merupakan komponen yang sangat vital bagi sepeda motor.

3. Kampas rem asli agak empuk

Bedakan kampas rem asli dan palsu
Bedakan kampas rem asli dan palsu. (Spesial)

Jika Anda sudah membeli dan membuka kemasan kampas rem yang terindikasi palsu, coba tekan kampas rem dengan tangan tersebut. Kalau yang asli akan terasa agak lembek, sedangkan kampas rem palsu jauh bedakan kampas rem asli dan palsu akan cenderung keras.

Namun kampas rem empuk bukan berarti kualitasnya tidak bagus, bahkan saat suhu memanas, kampas rem asli akan kuat dan grippy. Ini berbeda dengan kampas rem palsu yang justru bisa memakan permukaan cakram.

4. Tidak ada kode produksi

Bedakan kampas rem asli dan palsu
Bedakan kampas rem asli dan palsu. (AHM)

Setelah mencoba teksturnya, Anda harus melihat kembali bantalan remnya. Umumnya di belakang kampas rem asli terdapat kode produksi, sedangkan pada kampas rem palsu sama sekali tidak ada kode produksi atau guratan apapun.

Jika Anda menemukan ini, segera ganti dengan kampas rem lain! Ini tentang keselamatan berkendara Tertawa terbahak-bahak.

5. Bantalan rem palsu tidak aus, pertimbangkan aftermarket

Bedakan kampas rem asli dan palsu
Bedakan kampas rem asli dan palsu. (Youtube)

Jika Anda sudah tergoda dan terlanjur membeli. Bahkan sampai memasang kampas rem palsu di motor kesayangan, ada satu hal lagi yang bisa Anda rasakan saat melakukan pengereman. Bahan kampas rem asli memiliki kualitas yang baik sehingga tidak mudah aus atau rontok.

Bantalan rem yang diproduksi oleh pabrikan sepeda motor terbuat dari bahan non-asbes. Selain itu, agar lebih kuat dan tidak cepat aus, ditambahkan tembaga pada komposisi kampas rem.

Sedangkan kampas rem KW umumnya hanya mengandung asbes. Dalam artian tidak ada bahan lain yang bisa memperkuatnya, sehingga dalam waktu relatif singkat, kampas rem palsu akan cepat habis.

Pada umumnya pada produk KW terjadi kerusakan pada kampas rem berupa serabut yang mengelupas. Alhasil saat mencoba mengerem, tidak memberikan hasil yang baik. Jadi, jangan sampai ketinggalan bedakan kampas rem asli dan palsu jadi jangan tertipu!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya di AutoMagz.

Recommended Posts