Hindari pencurian sepeda motor Tentu semua pemilik roda dua ingin melakukan hal tersebut. Karena maling motor semakin meresahkan. Sebab, ketika kita sudah mengamankan tunggangan kesayangan kita dengan segala cara, para pelaku pencurian seolah tak punya akal untuk mengambil motor yang menjadi incarannya.

Meski begitu, kita tidak boleh kalah. Sebab, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan menggunakan beberapa alat sederhana yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Bahkan cara ini cukup efektif menghindari pencurian sepeda motor karena mempersulit pelaku.

Hindari pencurian sepeda motor

Kebanyakan pelaku kejahatan mengincar sepeda motor yang paling mudah dibobol, agar aksi bisa dilakukan dengan cepat. Sehingga jika motor sudah dilengkapi pengamanan tambahan, pelaku cenderung menghindarinya. Sekarang,, alat-alat berikut dapat mempersulit pekerjaan si pencuri. Apa pun?

1. Baut

Hindari pencurian sepeda motor

Cabai rawit kecil. Kira-kira, begitulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan alat yang satu ini, yaitu baut. Yap, alat sederhana ini bisa kamu dapatkan hanya dengan harga sekitar Rp.

Cara pengaplikasiannya juga terbilang mudah. Anda hanya perlu memasangkan baut pada lubang pada piringan cakram rem sepeda motor Anda. Selain letaknya yang relatif tersembunyi, umumnya pencuri motor tidak membawa kunci pas, melainkan hanya kunci T untuk membobol rumah kunci.

Sekarang,jika mereka berhasil membobol rumah kunci dan mesin motor menyala maka baut yang anda pasang akan menghentikan motor anda seketika.

2. Variasi motorik kunci

Hindari pencurian sepeda motor
Hindari pencurian sepeda motor

Motor terbaru memang dilengkapi dengan kunci rana yang diharapkan dapat mempersulit pencuri motor yang berkeliaran di jalanan. Meski begitu, hal ini tidak membuat wahana kesayangan kita aman dari pencuri. Pasalnya, pencuri selalu memiliki berbagai cara untuk mengambil motor incarannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kunci T dan kunci serupa.

Untuk sedikit mempersulit pekerjaan, Anda bisa mengganti kunci bawaan motor dengan menggunakan kunci motor variasi yang banyak dijual di toko variasi atau modifikasi. Anda bisa mendapatkan berbagai macam kunci motor dengan harga yang bervariasi tergantung jenis motornya.

3. Gembok sepeda motor

Hindari pencurian sepeda motor
Hindari pencurian sepeda motor

Seperti yang sudah dijelaskan, pencuri selalu punya berbagai cara untuk mendapatkan motor incarannya. Sekarang,jika dirasa variasi kunci motor kurang bisa menggunakan kunci motor tipe hardened dan bisa di pasang di rantai atau cakram motor.

Sebenarnya cara ini merupakan cara yang sering digunakan untuk menghindari pencurian sepeda motor dan banyak orang sudah mengetahui hal ini. Namun setidaknya, dengan menggunakan gembok pada rantai atau cakram motor, hal ini dapat memperlambat kerja pencuri. Sebab, untuk membobol kunci motor biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 menit.

Namun pastikan untuk menggunakan gembok cakram yang berkualitas. Jangan tergiur dengan gembok cakram yang harganya murah karena kualitasnya yang tidak meyakinkan, bahkan cenderung mudah dibobol.

4. Gunakan alarm

Hindari pencurian sepeda motor
Hindari pencurian sepeda motor

Secara garis besar penggunaan alarm pada sepeda motor memiliki fungsi yang sama dengan alarm mobil. Saat motor kita dalam tekanan atau bahkan tekanan, nantinya alarm ini akan menyala dengan sendirinya dan mengeluarkan suara yang cukup keras untuk memberi tahu orang-orang di sekitar kita.

Nah, beberapa pabrikan motor di Indonesia sudah memasukkan penggunaan alarm untuk motor terbarunya. Namun, bagi Anda yang menggunakan motor produksi lama, Anda juga bisa menggunakan alarm motor.

Anda hanya perlu pergi ke toko variasi atau modifikasi sepeda motor. Biasanya harga jualnya berkisar antara Rp. 150 ribu.

Nantinya alarm motor ini akan terhubung dengan kelistrikan motor Anda. Nah, bagi yang berminat memasang alarm motor, coba tempatkan alarm ini di tempat-tempat yang sulit dijangkau, salah satunya di bagasi motor.

5. Kunci rahasia

Hindari pencurian sepeda motor
Hindari pencurian sepeda motor

Jika Anda masih kurang yakin dengan beberapa alat pengaman tersebut, Anda bisa menggunakan kunci rahasia yang banyak dijual di toko-toko aneka motor. Seperti namanya, tidak ada yang mengetahui keberadaan alat ini selain kita pemilik motor. Otomatis, tidak ada orang lain yang bisa menyalakannya kecuali dia sudah tahu di mana kunci rahasia ini diletakkan.

Menariknya, meski pencuri berhasil membobol rumah kunci dan posisi kunci sudah dalam kondisi ON, pencuri tetap tidak akan bisa menghidupkan motor Anda kecuali ia bisa mengaktifkan kunci rahasia ini. Tempatnya bermacam-macam, mulai dari lampu sein atau bahkan tempat tersembunyi lainnya. Namun, cara tersebut tidak akan efektif jika pencurian sepeda motor dilakukan dengan cara mendorong.

Jadi, metode mana yang ingin Anda gunakan? menghindari pencurian sepeda motor?

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts