Jika laptop Anda banyak sampah, kemungkinan laptop Anda sedang lemot. Maka Anda membutuhkan cara untuk membersihkan sampah di laptop Anda secara efektif dan efisien. Hal ini untuk menjaga performa laptop agar tetap dalam kondisi prima.

Semakin lama Anda menggunakan laptop, semakin banyak file sampah yang menumpuk dan membebani kinerja laptop. Jika kondisinya parah, laptop bisa cepat rusak.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki laptop, sangat penting untuk selalu membersihkan sampah agar terhindar dari dampak yang akan terjadi suatu saat nanti. Ok, untuk tutorialnya bisa ikuti perintah di bawah ini.

Cara efektif membersihkan sampah di laptop

Sebelum mulai membersihkan sampah laptop, kenali dulu jenis sampah yang ada di komputer atau laptop Anda. Ada tiga jenis Recycle Bin, yaitu file sementara yang tersisa dari aplikasi yang diinstal, file yang dihapus di Recycle Bin, dan file yang di-cache dari program aplikasi yang sedang berjalan.

Beberapa file sampah masih bisa bekerja, namun ada juga yang justru menguras kinerja laptop, sehingga perlu dibersihkan agar tidak memperlambat kinerja laptop.

Selain itu, ada masalah lain yang ditimbulkan, seperti B. Mengurangi ruang disk, waktu yang lebih lama untuk menyalin file, laptop lag saat dijalankan, program aplikasi lama terbuka dan membutuhkan waktu lama untuk memulai dan booting.

Sebagai? Dengan masalah seperti itu tentunya mengganggu kerja di laptop atau PC bukan? Jadi, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan recycle bin di laptop Anda.

1. Menggunakan fungsi Jalankan (Run)

Kemudian ketik temp di fungsi Jalankan untuk membuka kembali File Explorer.

Salah satu cara menghapus file sampah adalah dengan menggunakan fitur Run yang memungkinkan file dihapus secara manual. Untuk mempermudah pencarian file sampah, Anda dapat menggunakan fungsi run untuk mempermudah pencariannya.

Untuk membersihkan file sampah dengan fungsi Run, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Secara bersamaan tekan tombol Windows + R pada keyboard laptop Anda untuk membuka fungsi Run.
  • Lalu mengetikkan temp pada kolom yang tersedia akan membawa Anda ke File Explorer dan menampilkan semua folder Temp yang ada disana.
  • Kemudian di sini Anda dapat menghapus semua folder sementara, pilih semua folder yang muncul dan tekan tombol Delete pada keyboard laptop Anda.
  • Setelah selesai, tutup dan tekan lagi tombol Windows + R pada keyboard laptop.
  • Kemudian ketik %temp% di fungsi Run untuk membuka File Explorer lagi.
  • Beberapa saat kemudian File Explorer akan muncul dan Anda dapat menghapus semua file yang ditampilkan di sana.
  • Kemudian ketik di tempat sampah dan kosongkan tempat sampah tempat proses Anda berakhir di sini.
  • Laptop akan bebas dari sampah yang tidak Anda inginkan.

Dengan cara ini, kinerja laptop akan kembali normal dan tidak berkurang karena beberapa file sampah yang tidak mempengaruhi aplikasi telah dihapus sepenuhnya.

2. Menggunakan Pembersihan Disk

Kemudian Anda akan diminta untuk memilih drive

Cara kedua adalah dengan menggunakan Disk Cleanup yang bisa dilakukan pada laptop yang sudah terinstall Windows 10. Pada cara yang kedua ini ada dua cara yang bisa anda gunakan yaitu :

Untuk cara yang pertama kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Lakukan pencarian pada fungsi search di laptop anda dengan mengetikkan disk cleanup maka akan muncul aplikasi bawaan windows.
  • Klik pada aplikasi dan aplikasi akan terbuka.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk memilih drive dan Anda dapat membuat pilihan pada drive C karena di situlah sebagian besar file Recycle Bin berada di laptop Anda.
  • Kemudian periksa semua file atau pilih semua file itu dan pastikan semuanya dicentang. Kemudian klik OK untuk menghapus.
  • Dengan cara ini, file sampah akan dihapus dan Anda selesai membersihkan tempat sampah di laptop Anda.
Dengan cara ini, file sampah akan dihapus

Sedangkan cara kedua yang bisa dilakukan di Disk Cleanup adalah sebagai berikut:

  • Buka File Explorer di laptop anda, lalu klik This PC, lalu klik Local Disk C.
  • Pada drive C:, pilih Properties dengan cara klik kanan dan klik Properties.
  • Kemudian jendela Drive Properties akan terbuka dan Anda akan melihat tombol Disk Cleanup, Anda dapat mengklik tombol ini.
  • Klik OK, lalu semuanya selesai.
Kemudian jendela properti drive akan terbuka

Dengan menggunakan Disk Cleanup, Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan karena aplikasi tersebut sudah termasuk dalam Windows 10. Sayangnya, aplikasi bawaan ini masih belum support kecuali untuk Windows 10, jadi kamu tidak bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan Recycle Bin.

3. Menggunakan aplikasi CCleaner

Kemudian proses pemindaian

Anda dapat mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu karena tidak asli untuk windows atau laptop. Meskipun demikian, aplikasi CCleaner sangat populer di kalangan pengguna laptop sebagai pembersih file sampah.

CCleaner telah diperkenalkan sejak tahun 2003 dan masih banyak digunakan hingga saat ini. Dikenal sebagai aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan, menjadi alasan mengapa banyak pengguna yang menyukainya.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kemudahan ini, Anda bisa membaca langkah-langkah ampuh membersihkan file sampah di laptop Anda.

  • Instal terlebih dahulu aplikasi CCleaner di laptop Anda dengan mengunjungi websitenya https://www.ccleaner.com/download.
  • Buka aplikasinya di tab Cleaner, kamu bisa klik tombol Run CCleaner di pojok kanan bawah lalu konfirmasi dengan klik Continue.
  • Kemudian proses scanning akan berjalan dimana anda akan dimintai konfirmasi kembali untuk setiap program yang perlu dibersihkan sesuai dengan aplikasi CCleaner.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Setelah selesai, file sampah telah berhasil dibersihkan oleh aplikasi pada saat itu dan selesai.
  • Tetapi Anda harus ingat bahwa Anda perlu membersihkan registri dengan mengklik tab menu Registry  Klik tombol Scan  Tunggu proses pemindaian  Klik tombol Repair Selected 

Dengan cara ini, baik laptop maupun aplikasi pembersih sampah Anda bersih dan tidak meninggalkan sampah baru. Performa laptop kembali normal dan tidak melambat seperti yang dikhawatirkan.

4. Menggunakan aplikasi Advanced SystemCare

Kemudian untuk pembersihan

Sama seperti CCleaner, ini adalah aplikasi eksternal yang bukan asli Windows, jadi Anda harus melalui proses penginstalan terlebih dahulu. Dikembangkan oleh IObit, aplikasi ini cukup handal untuk membersihkan file sampah di laptop.

Selain itu, Advanced SystemCare juga dapat digunakan untuk optimalisasi memberikan pelayanan terbaik, tidak hanya sekedar kebersihan. Untuk pengoperasian aplikasi ini, yaitu:

  • Unduh aplikasi dari situs web https://www.iobit.com/en/advancedsystemcarefree.php.
  • Kemudian instal aplikasi dan buka ketika instalasi selesai.
  • Kemudian, untuk membersihkan file sampah, Anda bisa klik menu care dan centang kotak Select All.
  • Kemudian jalankan scan dan laptop akan diproses scan untuk membersihkan recycle bin.

Dengan proses tersebut, seiring dengan proses optimalisasi dapat mengembalikan performa laptop menjadi lebih baik lagi. Dengan satu aplikasi saja anda sudah dapat menikmati beberapa manfaat yang sangat berguna untuk menunjang kinerja laptop anda.

Jika Anda merasa laptop Anda perlu dibersihkan, jangan ragu untuk menggunakan beberapa rekomendasi di atas untuk membersihkan sampah di laptop Anda. Namun pembersihan bisa dilakukan secara rutin, tanpa menunggu penurunan performa.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]