Apapun mereknya, perawatan kotak mesin harus dilakukan sesekali. Karena sama seperti komponen motor yang dibuat dengan trim plastik, bahan box motor sejenis juga harus diperhatikan agar warnanya tidak menjadi kusam dan pudar.

Musuh pertama trim plastik adalah warnanya yang cepat pudar akibat paparan sinar matahari dan hujan terus menerus. Karena itu perawatan kotak mesin dilakukan agar warna tetap terjaga agar selalu enak dipandang.

Perawatan boks mobil

Cara merawatnya pun terbilang mudah dan sederhana. Tidak memerlukan alat khusus dan bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah. Ingin tahu seperti apa perawatannya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Bersihkan hanya dengan air

Perawatan boks mobil

Pada umumnya banyak biker yang mengabaikan kebersihan bagian luar boks motor. Padahal dengan rutin membersihkannya dari kotoran atau debu yang menempel, tampilan luar boks motor Shad Anda akan selalu terjaga warna hitamnya.

Cara terbaik membersihkan box motor adalah tepat setelah melakukan perjalanan jauh atau bersamaan dengan mencuci motor. Jangan gunakan sabun apapun untuk membersihkan kotoran yang membandel. Jangan sekali-kali menggunakan sabun oles, sampo atau detergen untuk membersihkan boks motor. Dalam waktu dekat, warna hitam akan cepat memudar dan muncul bercak putih.

Ini karena bahan-bahan yang ada dalam berbagai bentuk sabun bersifat korosif terhadap plastik yang terbuat dari trim. Selain bisa mengaburkan kotoran, kandungannya ternyata bisa memudarkan warna plastik.

Yang terbaik adalah hanya menggunakan air mengalir untuk membersihkannya. Lap dengan kain lembab agar kotoran tidak menempel di body boks motor. Setelah itu lap kembali dengan kain microfiber hingga kering dan pastikan tidak ada lagi debu atau kotoran kecil yang menempel.

2. Semprot dengan cairan trim restorer

Perawatan boks mobil
Perawatan boks mobil. (spesial)

Mungkin Anda terlambat membaca artikel ini dan warna boks motor Anda sudah pudar. Tapi jangan khawatir, ada cara yang paling ampuh untuk membuat warna box motor menjadi hitam kembali mengkilat.

Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan pemulih trim yang tersedia di pasaran. Trim restorer berguna untuk mengembalikan warna hitam kusam atau pudar pada benda yang terbuat dari trim plastik. Kandungan di dalamnya mampu mengembalikan warna hitam trim plastik seperti yang ada pada material box motor dan juga melindunginya dari kekusaman yang berlebihan.

perlu digaris bawahi, jangan terlalu rutin perawatan kotak mesin dengan pemulih trim. Jangan memoles kotak motor setelah mencucinya dengan pemulih trim. Perlu anda ingat bahwa fungsi trim restorer hanya mengembalikan warna hitam yang sudah pudar pada boks motor yang berbahan trim plastik.

Trim restorer tidak bisa digunakan sebagai alat pemoles untuk memoles boks motor, karena bahan kimia jika digunakan secara berlebihan akan berdampak buruk.

3. Lumasi lubang kunci

Perawatan boks mobil
Perawatan boks mobil. (dunia sepeda web)

Terakhir, jangan hanya fokus pada kebersihan bagian luar boks motor Shad yang Anda miliki. Ada baiknya Anda juga merawat dan membersihkan bagian-bagian lain yang menempel pada boks motor Anda. Salah satunya security device alias mekanisme pengunci yang juga harus Anda bersihkan.

Pasalnya, kondisi jalan yang berdebu ditambah kotoran lain yang berukuran kecil berpotensi menempel di bibir key housing. Akibatnya kunci bisa seret dan pergerakan kunci untuk membuka boks motor menjadi sulit.

Solusinya adalah dengan melumasi bagian bibir key housing dengan oli atau cairan pembersih seperti WD-40 agar partikel kotoran yang menempel dapat dihilangkan sehingga mekanisme pengunci bekerja seperti biasa. Namun pastikan untuk menyeka kelebihan oli atau cairan pembersih dengan microfiber agar tidak menempel di bagian luar boks motor Anda.

Jadi, semoga berhasil perawatan kotak mesin seperti diatas ya.

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya dari AutoMagz.

Recommended Posts