Tips menggunakan transmisi otomatis harus dipahami. Apalagi pemilik mobil yang lebih sering berpindah-pindah di kota besar umumnya memilih transmisi otomatis untuk kendaraannya. Hal ini tidak mengherankan, karena jalanan di kota besar identik dengan lalu lintas yang padat.

Dibandingkan transmisi manual yang mengharuskan pengemudi mengatur posisi gigi sesuai kecepatan, transmisi otomatis lebih memanjakan pemilik mobil karena perpindahan gigi diatur secara otomatis. Jadi pengemudi tinggal tancap gas saja, tanpa direpotkan pedal kopling. Tapi itu bagus untuk diketahui Tips menggunakan transmisi otomatis hak untuk tetap nyaman.

Tips menggunakan transmisi otomatis

Karena meski memberikan kemudahan, penggunaan transmisi otomatis tetap ada aturannya. Tujuannya agar penggunaan transmisi otomatis tetap nyaman dan lebih awet. Nah, penasaran? Berikut 3 tips menggunakan transmisi otomatis yang benar.

1. Jangan hanya pindah persneling

Tips menggunakan transmisi otomatis

Meski transmisi otomatis dapat menentukan gigi yang digunakan sesuai dengan kecepatan kendaraan, model transmisi ini tetap memiliki pilihan gigi yang bisa dipilih secara manual. Pilihan yang tercantum adalah P, R, N, D, dan L.

P yang artinya Parkir dimaksudkan sebagai alternatif rem tangan. Dalam kondisi ini mobil akan terkunci dan tidak bisa digerakkan atau didorong. P biasanya digunakan saat mobil diparkir. Sedangkan R yang artinya Reverse adalah gigi mundur.

N adalah singkatan dari Netral yang berarti transmisi dalam posisi bebas. Sedangkan untuk memulai menjalankan kendaraan, pengemudi harus memindahkan tuas ke posisi D yang berarti Drive. Tapi itu untuk jalan datar. Jika menjumpai jalan menanjak, disarankan menggunakan posisi L yang artinya gigi rendah atau rendah.

Namun berbeda dengan transmisi manual yang membebaskan pengemudi untuk berpindah posisi gigi, pemilik mobil matic tidak bisa begitu saja memindahkan posisi transmisi. Pada mobil matic, perpindahan gigi hanya bisa dilakukan saat mobil dalam keadaan berhenti total.

Jika dipaksakan saat masih bergerak, dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan dan membuat transmisi otomatis tidak awet.

2. Berhenti sejenak baru injak pedal rem

Tips menggunakan transmisi otomatis
Tips menggunakan transmisi otomatis. (pexel)

Keuntungan menggunakan transmisi otomatis adalah pengemudi tidak perlu repot mengganti gigi seperti pada transmisi manual. Termasuk saat macet, pengendara mobil matic pun tidak perlu memindahkan tuas dari posisi D ke N saat berhenti sementara.

Maka tips penggunaan transmisi otomatis yang perlu dilakukan adalah pengemudi hanya perlu menekan pedal rem untuk menghentikan kendaraan saat macet atau berhenti sementara tidak lebih dari 20 detik. Diperbolehkan memindahkan tuas ke posisi N dari D jika mobil akan berhenti dalam waktu yang lama.

3. Menyalip kendaraan lain

Tips menggunakan transmisi otomatis
Tips menggunakan transmisi otomatis. (shutterstock)

Dibandingkan dengan transmisi manual yang torsinya lebih terasa, memancing torsi pada transmisi otomatis memiliki caranya sendiri. Menggunakan transmisi manual untuk menyalip kendaraan lain lebih mudah dilakukan karena dapat dibantu bukaan pedal kopling untuk menambah torsi.

Berbeda lagi pada transmisi otomatis, untuk mendapatkan torsi agar dapat menyalip kendaraan di depan, metode yang dapat digunakan adalah metode kick-down. Caranya adalah saat pengemudi tiba-tiba menekan pedal gas dalam-dalam.

Dalam kondisi tersebut, transmisi otomatis akan secara otomatis menurunkan posisi giginya untuk mendapatkan torsi. Sedangkan cara lain yang bisa dipilih adalah dengan menonaktifkan fitur overdrive yang biasanya terdapat pada transmisi otomatis.

Saat fitur overdrive dimatikan, transmisi otomatis akan menahan perpindahan gigi pada posisi tengah untuk menjaga torsi. Biasanya posisi gigi akan mentok di gigi 3. Sedangkan pada kondisi overdrive aktif, perpindahan gigi bisa naik ke posisi 4 dan seterusnya.

Jadi, semoga berhasil Tips menggunakan transmisi otomatis benar seperti di atas.

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Yudhianto Thohirin.

Recommended Posts