Cara menghilangkan suara bising di kaki mobil mungkin pemilik roda empat harus tahu. Pasalnya, masalah yang paling sering muncul setelah mobil kita lama digunakan adalah munculnya suara-suara tidak wajar yang berasal dari sekitar kaki-kaki mobil.

Pada umumnya sumber bunyi berasal dari karet yang kondisinya sudah rapuh, sehingga komponen baja yang seharusnya tertahan oleh karet tersebut saling bertabrakan. Meski penanganan masalah undercarriage mobil harus diserahkan kepada teknisi berpengalaman, namun beberapa masalah tetap ada cara menghilangkan suara bising di kaki mobil yang dapat dilakukan sendiri.

Cara menghilangkan suara bising di kaki mobil

Harus diakui, suara yang keluar dari kolong mobil terkadang cukup mengganggu. Apalagi saat melewati kondisi jalan yang cenderung rusak. Jadi, suara seperti apa dari undercarriage yang dapat Anda tangani sendiri? Simak ulasan berikut;

1. Menghilangkan Kebisingan pada Karet Bosh

Cara menghilangkan suara bising di kaki mobil. (nama)

Jika diperhatikan kemudian ternyata sumber bunyi tersebut berasal dari karet bosh, sebenarnya cara untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah mudah. Umumnya penyebab bunyi yang terjadi pada bagian ini karena kondisi kering akibat kekurangan oli.

Kemudian cara yang paling mudah tentunya dengan menambahkan pelumasan pada bagian tersebut yang biasanya menggunakan gemuk. Dijamin setelah itu suaranya akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Namun terkadang cukup sulit bagi Anda untuk mengoleskan gemuk pada bos karet tersebut, karena posisinya yang agak tersembunyi. Untuk memudahkan Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pelumas rantai sepeda motor. Meski begitu, sebenarnya menggunakan gemuk lebih efektif dan awet dalam pelumasan.

Produk pelumas rantai motor memiliki kemasan yang memungkinkan Anda menyemprotkan pelumas dengan mudah. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi Anda untuk melumasi bagian karet bos per mobil.

Jika sewaktu-waktu terdengar bunyi lagi karena bagian karet bos pada undercarriage sudah kering, Anda bisa menyemprotkan pelumas kembali. Namun, jika masalah tidak teratasi setelah Anda menyemprotkan oli atau pelumas, cara terbaik adalah dengan menggantinya.

Lalu, bagaimana jika sumber bunyi berasal dari gesekan per? Jika itu penyebabnya, coba berikan semacam pengganjal menggunakan karet ban dalam untuk mengurangi gesekan pegas. Anda bisa meminta beberapa karet ban dalam dari tukang tambal ban.

Gunakan obeng untuk mencapai pegas. Kemudian masukkan karet ban dalam ke dalam per. Jika ingin lebih mudah, gunakan dongkrak mobil untuk menjangkau bagian bawah mobil.

2. Mengatasi Suara pada Tie-Rods dan Ball Joint

3 Cara Mudah Menghilangkan Bunyi Pada Mobil Honda
Cara menghilangkan suara bising di kaki mobil. (berkedip)

Suara ada di komponen tie-rod dan sendi bola biasanya muncul karena pelumas yang ada di komponen mengering. Solusinya mudah: tambahkan pelumas di bagian tersebut. Anda dapat melakukannya jika batang pengikat dan sendi bola Anda memiliki saluran khusus untuk mengoleskan gemuk.

Tapi jika tidak ada saluran, cara menghilangkan suara bising di kaki mobil untuk masalah ini mungkin perlu di bawa ke bengkel karena part itu harus di buka biar bisa di tambah pelumas disitu. Biasanya Anda hanya perlu membuka penutup karetnya batang pengikat dan kemudian tambahkan minyak di bagian itu.

3. Bunyi bip Bushing Bagian Sayap

Cara menghilangkan suara bising di kaki mobil
Cara menghilangkan suara bising di kaki mobil. (Wikimedia)

Karet busing yang sudah aus dan keras biasanya menjadi penyebab timbulnya bunyi pada bagian tersebut busing sayap. Jika hal ini terjadi, langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah membuka dan mengganti karetnya busing itu.

Atau jika dirasa langkah ini terlalu merepotkan, Anda bisa mencoba menambahkan oli pada bagian tersebut busing yang berbunyi. Langkah ini biasanya akan memberikan solusi, meskipun bersifat sementara.

Nanti saat oli mengering, suara itu akan muncul lagi. Pilihannya hanya menambah minyak pelumas atau mengganti karet busing dengan baru.

Jadi, semoga berhasil cara menghilangkan suara bising di kaki mobil seperti di atas ya!

Jangan lupa baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya di AutoMagz.

Recommended Posts