Cara mengatasi suara rem belakang ada baiknya diketahui oleh pemilik motor yang masih menggunakan rem tromol. Pasalnya, masalah bunyi decit saat tuas rem diinjak membuat tidak nyaman. Bunyinya seperti tikus yang dipencet dan cukup mengganggu telinga pengendara, bahkan pengguna jalan lainnya.

Selain itu, suara pada rem tromol belakang juga bisa menandakan kondisi komponen starting yang harus diperhatikan. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin kinerja pengereman akan terganggu dan bisa berbahaya. Oleh karena itu, pengetahuan cara mengatasi suara rem belakang penting untuk dipahami.

Cara mengatasi suara rem belakang

Mengatasi rem belakang yang serak juga bisa mengembalikan performa pengereman menjadi normal kembali. Lantas, apa sebenarnya penyebab rem tromol berbunyi mencicit atau berbunyi seperti tikus? Solusi apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

1. Rem Tromol Mencicit Tanda Kotor

Cara mengatasi suara rem belakang. (Youtube)

Salah satu penyebab rem tromol berbunyi keras atau mencicit adalah karena adanya kotoran. Biasanya kotoran menempel di area tromol, begitu juga dengan permukaan kampas rem. Sektor ini memang sangat mudah dimasuki debu karena ada celah kecil yang memisahkannya dengan pelek.

Kotoran pada drum juga disebabkan oleh faktor pemakaian. Saat tuas rem diinjak, otomatis kampas rem terkikis sedikit demi sedikit sehingga menimbulkan debu yang menjadi kotoran drum. Jika kotoran dibiarkan tetap di sana, akan terjadi suara mencicit.

Solusi tepat, bongkar drum dan bersihkan kotoran yang menempel. Cara yang paling tepat adalah dengan menyemprotkan udara bertekanan tinggi ke sela-sela drum. Lalu yang tak kalah penting, kanvas juga harus disemprot agar tidak meninggalkan debu.

Idealnya pembersihan drum dilakukan setiap dua bulan sekali atau tergantung kondisi jalan yang Anda lalui. Jika jalan yang Anda lalui setiap hari banyak debunya, tentu intensitas pembersihan drum akan lebih cepat.

2. Kampas Rem Tromol Mulai Tipis

Cara mengatasi suara rem belakang
Cara mengatasi suara rem belakang. (Bukalapak)

Rem tromol yang berdecit juga bisa disebabkan oleh bantalan yang sangat tipis atau aus. Sehingga saat tuas rem ditekan, terjadi gesekan antara rumah tromol dengan kampas rem. Alhasil, saat kedua logam tersebut bersentuhan, terdengar suara melengking yang memekakkan telinga.

Jika ini masalahnya, tidak ada cara lain. Cara mengatasi suara rem belakang perlu bantalan rem baru. Hanya saja Anda perlu memperhatikan permukaan rumah gendang. Jangan sampai rumah tromol juga terkikis, jika itu terjadi maka percuma saja mengganti kampas rem.

Suara mencicit akan tetap muncul, karena ada celah yang membuat debu saling bergesekan. Jika demikian, rekomendasi utamanya adalah mengganti satu set drum yang harganya cukup mahal.

Jadi, perhatikan indikator keausan kampas rem tromol motor Anda!

3. Bantalan Rem Drum Terkontaminasi Cairan

Cara mengatasi suara rem belakang
Cara mengatasi suara rem belakang

Hal terakhir yang menyebabkan rem tromol berbunyi keras dan terkadang memalukan adalah kontaminasi cairan. Bentuk cairan ini bisa apa saja. Misalnya, ketika Anda selesai mencuci sepeda motor dan langsung mengendarainya, maka akan terdengar suara gendang. Air yang masuk di sela-sela drum akan bercampur dengan debu dan akhirnya menimbulkan suara saat kanvas bergesekan dengan rumah drum.

Fluida lain yang dapat menimbulkan kebisingan adalah lelehan grease (pelumas). Tidak jarang orang berpikir bahwa melumasi area rumah drum dapat mencegah suara-suara ini. Tapi sebenarnya itu kurang tepat.

Saat roda berputar dan kampas rem bergesekan dengan rumah tromol, maka akan memanas. Nah panas inilah yang akhirnya membuat lemak meleleh dan mengenai kampas rem. Jadi seperti kasus sebelumnya, kampas rem menjadi basah dan bercampur debu, yang dapat menyebabkan derit yang lebih keras.

Solusi terbaik adalah menghindari pelumasan pada area drum. Jika Anda memang ingin rem tromol selalu memberikan pengereman yang handal, maka membersihkannya secara rutin dari debu adalah solusi terbaik yang bisa Anda lakukan.

Jika menurut Anda membersihkan drum itu sulit. Anda bisa meminta bantuan mekanik di bengkel dekat rumah Anda. Semoga ilmu dari cara mengatasi suara rem belakang ini berguna!

Baca juga artikel terkait otomotif atau artikel menarik lainnya di AutoMagz.

Recommended Posts

Kredit Mobil Murah, Ini Syarat dan Simulasi

Avatar
camvintat
 

JAKARTA – Membeli mobil murah atau lebih dikenal dengan istilah mobil LCGC (Low Cost & Green Car) bisa dilakukan secara kredit. Ada banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan agar bisa mendapatkan kredit mobil murah.  Ada beragan paket yang tersedia dan bisa disesuaikan […]