Bagi Anda yang sedang mencari tutorial lengkap cara meredam suara zoom di laptop atau handphone, Anda bisa menyimak artikel ini. Karena disini kami akan memberikan penjelasan secara detail untuk anda.

Hari-hari ini, waktu menjadi semakin canggih, sehingga banyak pekerjaan mudah dalam sekejap. Seperti aplikasi Zoom yang bisa digunakan untuk meeting atau rapat.

Kebanyakan orang mungkin sudah tahu cara mematikan suara zoom di ponsel dan laptop. Namun bagi yang belum tahu disini kami akan memberikan langkah-langkah cara meredam suara zoom dan menggunakan fitur zoom lainnya.

Cara Mematikan Suara Zoom di HP dan Laptop

Pasti kamu sudah tahu apa itu aplikasi Zoom? Aplikasi yang dapat menghubungkan dua orang atau lebih dalam satu koneksi video (video conference). Dengan kata lain, aplikasi tersebut memungkinkan kita berkomunikasi secara tatap muka tanpa harus bertemu di tempat yang sama.

Karena fitur tersebut, aplikasi Zoom akhir-akhir ini banyak digunakan untuk menggantikan rapat yang membutuhkan pertemuan tatap muka, seperti rapat bisnis. rapat, dll. Meskipun banyak aplikasi yang menawarkan konferensi video, Zoom masih menjadi yang paling banyak digunakan.

Apalagi dengan adanya virus Covid yang mengharuskan masyarakat bekerja di rumah dan sekolah juga memiliki sistem PJJ (pembelajaran jarak jauh). Tentunya kondisi tersebut membuat aplikasi ini sangat bermanfaat dan banyak digunakan.

Bahkan banyak perusahaan dan sekolah yang mewajibkan karyawan atau siswanya untuk memiliki aplikasi tersebut. Jika Anda adalah salah satu orang yang harus menggunakannya, Anda harus mempelajari fitur-fitur yang ada di dalamnya, salah satunya adalah fungsi mute.

Tentunya di hampir semua aplikasi video conference selalu ada microphone mute atau bisu mikrofon. Memang fitur yang satu ini sangat penting untuk keberlangsungan pertemuan atau pembelajaran yang dilakukan via Zoom.

Intinya suara gaduh yang keluar dari masing-masing peserta tidak mengganggu guru atau pemimpin yang sedang memberikan materi. Sehingga semua peserta fokus pada satu suara saja yaitu pemimpin rapat. Lalu bagaimana cara meredam suara zoom?

Cara mematikan suara Zoom di ponsel dan laptop:

1. Matikan suara zoom melalui ponsel

Matikan suara zoom melalui ponsel

Secara otomatis peserta yang baru masuk Zoom meeting langsung mengaktifkan microphonenya, untuk mematikannya kita harus menggunakan fungsi mute. Bagaimana Anda tahu jika mikrofon aktif atau tidak? Caranya adalah dengan melihat icon bentuk microphone, jika tulisan mute maka microphone masih aktif.

Bagaimana cara mematikannya? Yang harus Anda lakukan adalah mengklik gambar mikrofon hingga gambar berubah menjadi mikrofon yang dicoret dan teks tidak dibisukan. Jika demikian, mute aktif dan suara Anda tidak akan terdengar oleh peserta lain.

Jika moderator mengajukan pertanyaan dan ingin mendengar jawabannya, bagaimana cara mengaktifkan kembali suaranya? Kemudian yang harus Anda lakukan adalah mengklik ikon mikrofon lagi hingga goresannya hilang.

Perlu juga dicatat bahwa tombol mute mikrofon tidak hanya dapat dikontrol oleh setiap peserta, tetapi juga oleh pembawa acara. Ini memungkinkan penyelenggara rapat untuk mengaktifkan mikrofon Anda bila diperlukan.

2. Matikan suara zoom melalui laptop

Matikan suara zoom di laptop

Tidak seperti ponsel, saat menggunakan desktop, ada beberapa cara untuk menonaktifkan audio selama rapat melalui Zoom.

sebuah. Cara mematikan suara zoom secara otomatis

  • Tentu saja, sebagai permulaan, Anda perlu membuka aplikasi Zoom khusus desktop terlebih dahulu. Setelah itu klik Settings atau Preferences di pojok kanan atas. Cari opsi audio.
  • Ada empat opsi yang bisa diperiksa. Aktifkan keempat opsi ini untuk membisukan mikrofon secara otomatis saat Anda bergabung dengan ruang rapat Zoom tempat Anda berada.
  • Jika Anda perlu berbicara, mikrofon dapat diaktifkan secara otomatis jika Anda menekan bilah spasi selama percakapan. Saat Anda melepaskan bilah spasi, mikrofon akan mati secara otomatis lagi. Lebih praktis dan mudah kan?

b. Cara mematikan suara Zoom manual

  • Untuk mengontrol mute pada laptop secara manual, hampir seperti pada ponsel, Anda hanya perlu memindahkan kursor ke gambar mikrofon. Untuk mematikannya, klik gambar mikrofon hingga gambar tersebut dicoret, dan jika Anda perlu menyalakannya, klik lagi hingga strip menghilang.

c. Metode alternatif untuk menonaktifkan suara zoom

  • Alternatifnya, peserta dapat menekan Alt+A untuk mematikan suara zoom. Untuk mengaktifkan kembali mikrofon, peserta hanya perlu menekan Alt+A lagi. Apa pendapat Anda tentang metode ini?

Otomatis lebih mudah kan? Masing-masing memiliki pro dan kontra, pilih saja cara mana yang nyaman untuk Anda. Jika Anda sudah mengetahui cara menggunakan microphone mute, Anda akan mempelajari fitur-fitur lain yang tidak kalah pentingnya di aplikasi Zoom.

Cara menonaktifkan video di Zoom melalui ponsel dan laptop

Selain microphone mute, salah satu fitur yang pasti hadir dalam sebuah aplikasi video conference tentunya adalah fitur camera mute. Fungsi ini digunakan bila ada peserta yang tidak ingin menampakkan wajahnya karena kondisi tertentu. Lalu bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini?

Berikut langkah-langkah mematikan video saat melakukan zoom melalui ponsel dan laptop:

1. Cara mematikan zoom video melalui handphone

Cara menonaktifkan zoom video melalui hp

Saat Anda bergabung dengan rapat Zoom, Anda akan dimintai dua izin yaitu mengaktifkan video dan mikrofon. Zoom secara otomatis mengaktifkan keduanya saat Anda bergabung ke ruang rapat. Tapi tenang saja karena kedua fitur ini bisa dinonaktifkan. Berikut cara mematikan video Zoom.

Mematikan zoom video via HP tidak jauh berbeda dengan mematikan zoom via HP yang sudah dijelaskan. Anda cukup menekan ikon kamera di sebelah ikon mikrofon dan mengkliknya hingga muncul tanda silang di atasnya.

Mematikannya sama seperti ponsel, Anda hanya perlu mengklik gambar kamera lagi hingga tanda silang hilang. Berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan zoom video melalui ponsel, tetapi jika Anda menggunakan laptop, ada beberapa opsi yang dapat dipilih.

2. Cara Menonaktifkan Zoom Video melalui Laptop

Cara menonaktifkan zoom video di laptop

Tidak jauh berbeda dengan mematikan zoom dari desktop, ada beberapa cara untuk mematikan video dari desktop. Berikut beberapa cara mematikan video melalui laptop yang bisa dipilih:

sebuah. Cara menonaktifkan video zoom otomatis

  • Untuk langkah pertama tentunya buka dulu Zoom versi PC, lalu klik Setting di sebelah kanan. Setelah mengklik pengaturan dengan ikon roda gigi, pilih opsi Video.
  • Pada opsi ini Anda akan diberikan opsi yang perlu diaktifkan yaitu mematikan video saat Anda mengikuti rapat. Periksa kolom ini dan Anda akan menemukan bahwa video mati secara otomatis saat Anda memasuki ruang rapat.

b. Cara menonaktifkan video zoom manual

  • Untuk mematikan video di PC secara manual, arahkan kursor ke gambar kamera lalu klik hingga gambar kamera dicoret. Cara menghidupkannya juga sama, arahkan saja ke gambar kamera dan klik lagi sampai belangnya hilang.

c. Cara alternatif untuk menonaktifkan video Zoom

  • Cara alternatif adalah dengan menggunakan pintasan keyboard. Untuk mematikan video, cukup tekan tombol “Alt + V”, kamera akan mati secara otomatis, dan untuk menyalakannya, tekan lagi tombol “Alt + V”.

Cara mempraktekannya mudah kan cara mute zoom audio dan cara mematikan zoom video di atas? Banyak keberuntungan.

Recommended Posts