Mengetahui cara menggunakan Google Meet sangatlah penting. Selain itu, Anda berbisnis atau sering bertemu dengan banyak orang secara virtual. Aplikasi ini bisa digunakan secara alternatif sehingga Anda tidak harus menggunakan Zoom.

Dengan menggunakan Google Meet, Anda bisa mendapatkan banyak fitur menarik. Selain itu, aplikasi ini dirancang khusus untuk menjalankan bisnis. Oleh karena itu sangat cocok untuk pertemuan profesional sehingga hasilnya bisa sempurna.

Untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi Google Meet, ada baiknya Anda menyimak beberapa ulasan yang dibahas di bawah ini. Anda tahu cara menggunakan aplikasi di komputer atau aplikasi di ponsel.

Cara menggunakan Google Bertemu

Ada dua cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi ini. Yang pertama menggunakan handphone, yang kedua menggunakan laptop.

Sedang menelepon

Sedang menelepon

Jika Anda ingin menggunakan ponsel, ada baiknya mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Instalasi atau Pembaruan

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah melalui proses instalasi terlebih dahulu jika belum terpasang di hp android anda. Jika sebelumnya sudah terinstal karena bawaan dari ponsel bawaannya, Anda bisa melalui proses update terlebih dahulu.

Proses update ini dilakukan untuk menambahkan beberapa fitur yang tidak ada pada versi lama. Sehingga aplikasi nantinya bisa sempurna dan tidak mengganggu sama sekali.

2. Masuk atau Registrasi

Setelah mendapatkan aplikasi versi terbaru, langkah selanjutnya adalah melalui proses pendaftaran. Cara ini bagi Anda yang belum memiliki akun Google.

Jika Anda sudah memiliki akun, Anda dapat langsung masuk. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, apakah Anda menggunakan akun lama atau akun baru yang lebih spesifik.

3. Buat ruang rapat

Tekan tombol + pada aplikasi di ponsel untuk mulai membuat ruang rapat. Masukkan berbagai informasi tentang ruangan, mulai dari nama hingga deskripsi, agar lebih mudah dipahami orang lain.

Setelah selesai, Anda bisa langsung mendapatkan kode dari ruang rapat. Kode atau tautan dapat dibagikan dengan orang lain sehingga mereka dapat berpartisipasi.

4. Undang peserta

Kemudian Anda dapat mengundang peserta untuk berpartisipasi. Yang terpenting ruangan sudah dibuat dan kemudian direncanakan kapan pertemuan akan berlangsung. Proses undangan dapat dilakukan melalui tautan khusus atau melalui email.

Jika jumlah peserta yang mendaftar cukup banyak, maka proses dapat langsung dilakukan. Intinya, sebelum meeting dimulai, kamu masih bisa invite teman lewat email atau direct link.

Saat rapat selesai, Anda masih bisa mengundang sehingga tidak perlu menunggu. Peserta baru dapat langsung memulai percakapan dengan membuat keributan dan menunjukkan wajah mereka.

5. Mulai rapat

Saat jadwal pertemuan sudah keluar dan Anda sudah siap memberikan materi. Proses pertemuan dapat dilakukan dengan segera. Anda dapat menekan tombol yang tersedia di sana untuk memulai rapat.

Di komputer

Di komputer

Jika menggunakan komputer, cara yang bisa dilakukan kurang lebih sama. Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu atau menggunakan browser agar prosesnya bisa lebih cepat.

Setelah itu, membuat room dan mengundang peserta bisa dilakukan seperti di handphone. Jadi interface antara ponsel dan browser kurang lebih sama.

Fitur Google Bertemu

Fitur dari aplikasi ini cukup banyak. Untuk mengetahui fitur atau keunggulan apa saja yang Anda miliki, Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

1. Panggilan video dan audio online

Panggilan video dan audio online

Fitur pertama dari aplikasi ini adalah dapat melakukan video call online dengan banyak orang. Jadi Anda tidak hanya harus berada dalam satu ruangan dengan banyak orang. Hanya untuk berdua atau obrolan pribadi juga dimungkinkan.

Intinya, Anda bisa melakukan panggilan, baik itu video maupun audio, secara langsung selama koneksi berfungsi dengan baik. Dengan demikian, komunikasi dapat berjalan dengan sempurna.

2. Sinkronisasi G Suite

Sinkronisasi G Suite

Bahkan, jika Anda sudah memiliki akun G Suite, proses sinkronisasi bisa dilakukan secara otomatis dengan Google Meet. Ini memungkinkan proses pendaftaran atau login berjalan lebih cepat dan Anda bahkan dapat memasukkan berbagai jenis data di sana.

3. Berbagi Layar

layar terbagi

Anda juga dapat berbagi layar dengan banyak orang sehingga informasi tentang presentasi dapat mengalir dengan lebih baik. Ini memungkinkan layar terbelah sehingga orang lain dapat melihat tulisan dengan sangat jelas.

Fitur ini hampir mirip dengan fitur presentasi Zoom. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, mulai dari presentasi santai hingga presentasi bisnis.

Pro dan kontra Google Meet

Pro dan kontra Google Meet

Pembahasan aplikasi ini kurang lengkap jika belum mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Baca lebih lanjut di bawah ini.

Manfaat Google Bertemu

  • Tidak ada batasan waktu sehingga setiap orang dapat bertemu dengan lebih santai dan tanpa tergesa-gesa.
  • Sebuah ruang pertemuan bisa menampung lebih dari 250 orang, sehingga Anda bisa memaksimalkannya untuk mengadakan semacam seminar.
  • Aplikasi umumnya bebas digunakan, jadi Anda tidak perlu memproses pembayaran apa pun kecuali Anda menggunakannya untuk bekerja.
  • Aplikasi ini sangat cocok untuk semua ponsel Android, bahkan dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.
  • Semua percakapan disinkronkan langsung ke akun Google Anda dan semuanya dijamin aman dan tidak ada kebocoran.

Kekurangan Google Bertemu

  • Biasanya teks yang ditampilkan bermasalah karena sering hilang sehingga sebagian orang kesulitan membaca dan harus mengetik ulang.
  • Proses perekaman sangat terbatas. Sehingga jika durasi rapat cukup lama menjadi sulit, sehingga harus menggunting beberapa bagian yang tidak diperlukan.
  • Latar belakang menyesuaikan dengan apa yang dimiliki peserta. Jadi tidak ada cara untuk mengubah latar belakang, yang mungkin mengganggu sebagian orang.
  • Beberapa bagian tidak dapat digunakan secara optimal, mengharuskan Anda membayar di muka agar dapat memaksimalkan fitur untuk bisnis Anda.

Pro dan kontra di atas dapat dipertimbangkan apakah Anda menggunakan aplikasi ini atau tidak. Namun secara umum, aplikasi ini bermanfaat karena memiliki beberapa kekurangan.

Ada beberapa cara menggunakan Google Meet yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh seseorang. Semuanya sudah tertulis diatas sehingga aplikasi ini bisa anda gunakan di hp android yang anda gunakan maupun di laptop atau komputer.

Yang terpenting jika ingin menggunakan aplikasi ini adalah perhatikan siapa saja pesertanya. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan berbagai jenis dokumen atau data yang digunakan di sini agar Anda dapat memanfaatkan semua fitur aplikasi secara maksimal.

Last but not least, aplikasi ini sangat cocok untuk mereka yang berbisnis. Jadi daripada menggunakan aplikasi lain yang tidak profesional atau terbatas waktunya. Google Meet bisa menjadi alternatif yang bisa digunakan agar semuanya berjalan lancar.

Recommended Posts