Tips merawat ban mobil – Ban merupakan komponen yang sangat penting dan menentukan laik atau tidaknya suatu kendaraan. Tidak hanya mendukung daya angkut, nyatanya ban mobil juga dapat berperan dalam menstabilkan laju kendaraan dan menjadi faktor penting keselamatan Anda saat berkendara.

Namun masalahnya, meski penting, ban kerap luput dari pemeriksaan. Bahkan, Anda tidak perlu repot dalam proses perawatannya. Jadi, apakah Anda ingin ban mobil Anda lebih awet? Berikut adalah sepuluh tips mudah perawatan ban mobil yang bisa kamu lakukan selama di rumah, agar ban lebih awet.

1. Periksa tekanan ban mobil

7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama

Mengecek tekanan angin ban merupakan salah satu tips merawat ban mobil agar awet, terutama bagi anda yang akan melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil. Periksa secara teratur, minimal sebulan sekali. Pastikan tekanan ban mobil Anda sesuai anjuran, tidak kurang dan tidak lebih.

Tidak main-main, ban mobil yang kurang angin bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. Jika tekanan ban mobil berkurang, hal ini akan berakibat pada peningkatan penggunaan bahan bakar.

Sedangkan jika tekanan ban mobil terlalu keras maka permukaan ban mobil akan lebih cepat licin sehingga sangat berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lainnya.

2. Putar ban mobil

7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama
7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama

Selain mengecek tekanan udara, merotasi ban mobil juga menjadi salah satu hal yang sering dilupakan banyak orang. Memutar ban mobil dilakukan untuk memperpanjang masa pakai ban.

Ban depan mobil akan lebih rentan terhadap gesekan dan menyebabkan kebotakan lebih cepat. Nah, sebelum permukaan ban kempes, lebih baik Anda merotasi ban depan dengan ban belakang. Anda dapat merotasi ban Anda setiap 7.500 hingga 10.000 kilometer.

3. Periksa keseimbangan ban mobil

7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama
7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama

Tidak berhenti sampai di situ, agar ban mobil lebih awet, Anda juga harus melakukan spooring dan balancing. Hal ini juga harus dilakukan secara rutin untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Spooring dan balancing dapat dilakukan setiap kali ban baru diganti, putaran ban, atau jika ban bergetar saat mencapai kecepatan tertentu dan ada tanda-tanda setir mobil tertarik ke kanan atau ke kiri saat melaju.

4. Rajin melakukan pemeriksaan visual

7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama
7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama

Anda juga harus melakukan pemeriksaan visual secara teratur dan Anda tidak perlu pergi ke bengkel untuk melakukannya. Jika ada tonjolan atau sobekan pada dinding ban, Anda perlu waspada. Sebab, hal itu bisa berakibat pada berkurangnya daya tahan ban. Padahal, kemungkinan terburuknya adalah ban mobil Anda bisa meledak.

5. Tutup pentil ban harus selalu dipasang

7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama
7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama

Sama seperti tekanan udara, tutup klep juga merupakan hal sederhana yang sering dilupakan. Entah karena kurang hati-hati atau terburu-buru setelah mengisi ban, tidak jarang Anda lupa memasang kembali tutup pentil ban.

Sebelum mulai berkendara, pastikan tutup pentil ban terpasang. Sebab, mengendarai mobil dengan ban tanpa penutup pentil akan mengakibatkan ban bocor dan dapat mengurangi tekanan ban mobil Anda.

6. Bawa barang secukupnya

7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama
7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama

Tips merawat ban mobil agar awet adalah membawa barang sesuai anjuran dan tidak berlebihan. Beban yang berlebihan dapat menyebabkan ban mobil cepat rusak.

Anda perlu memperhatikan kode pada ban. Kode tersebut biasanya berisi informasi berapa berat yang dapat ditahan ban mobil Anda. Jadi, jangan paksakan ban mobil Anda untuk menahan beban yang berlebihan.

7. Perhatikan ukuran ban

7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama
7 Tips Mudah Merawat Ban Mobil Agar Tahan Lama

Anda juga harus memperhatikan jenis dan ukuran ban mobil. Yang perlu Anda ketahui, ban city car tentunya akan memiliki jenis dan ukuran ban yang berbeda dengan mobil jenis MPV.

Pastikan Anda menggunakan ban yang sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang direkomendasikan untuk kendaraan Anda.

8. Periksa Kondisi Ban

Segera ganti ban, jika ban mobil Anda mengalami luka ban (Foto: Shutterstock)
Segera ganti ban, jika ban mobil Anda mengalami “luka ban” (Foto: Shutterstock)

Jangan lupa untuk mengecek kondisi ban mobil secara keseluruhan. Baik bagian tapak ban, maupun dinding samping ban, untuk memeriksa apakah ada bagian ban yang “cedera”. Jika ada robekan, lecet atau baret pada ban, pastikan tidak sampai ke lapisan benang ban (kabel). Jika “luka ban” mengenai lapisan benang, berarti ban mobil Anda perlu segera diganti.

9. Bersihkan Tapak Ban dari Batu

Batu yang berada di antara ban bisa merusak tapak (Foto: Shutterstock)
Keterangan

Selama di rumah, jangan lupa bersihkan tapak ban dari batu. Mengapa? Batu-batu kecil yang tersangkut di antara tapak dapat melukai tapak. Jika dibiarkan terlalu lama dapat melukai lapisan bawah ban yaitu wire mesh. Hal ini dapat menyebabkan korosi pada ban, dan ban dapat menjadi rapuh.

10. Jangan lupa untuk mengecek kondisi ban serep

Meski jarang digunakan, jangan lupa untuk mengecek kondisi ban serep (Foto: Shutterstock)
Meski jarang digunakan, jangan lupa untuk mengecek kondisi ban serep (Foto: Shutterstock)

Karena jarang digunakan, banyak pemilik mobil yang lupa mengecek kondisi ban serep. Ini bisa merepotkan Anda dalam keadaan darurat, karena ban serep bisa kempes, atau lebih buruk lagi, rusak dan tidak bisa digunakan. Ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kondisi ban serep mobil Anda.

Tutup dengan Cover

Jika ban serep mobil berada di bagian luar mobil, sebaiknya tutupi ban menggunakan cover. Sehingga ban terhindar dari paparan sinar matahari yang dapat merusak ban jika terkena terus menerus. Selain sinar matahari, air hujan juga dapat menurunkan kualitas ban serep.

Membersihkan Ban

Meski jarang digunakan, Anda tetap harus menjaga kebersihan ban serep. Selalu bersihkan ban secara rutin dari debu atau kotoran lain yang menempel. Anda juga bisa menjaga kualitas karet ban dengan memberikan pelembap ban khusus yang bisa dibeli di toko aksesoris mobil (bisa juga dibeli secara online).

Periksa Tekanan Angin

Jangan lupa untuk mengecek tekanan ban. Biasakan mengisi tekanan ban serep lebih tinggi dari ban utama, kurang lebih sekitar 40 psi. Mengapa? Karena ban serep memiliki kemungkinan pressure drop. Lakukan pengecekan angin pada ban serep setiap sebulan sekali.

Itu sepuluh tips merawat ban mobilSemoga informasi ini dapat membuat ban mobil Anda lebih awet. Semoga beruntung!

Baca juga artikel terkait otomotif atau tulisan menarik lainnya dari Agassi Moriand.

Recommended Posts