Ada beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki setiap driver ojek online saat bertugas.

Keberadaan ojek online saat ini tentu membantu Anda yang punya mobilitas tinggi. Selain itu, ojek online dapat membantu mengantarkan barang, hingga membelikan makanan dan minuman.

Untuk menggunakan jasa ojek ini, cukup pesan lewat aplikasinya yang bisa diunduh secara gratis di smartphone. Biaya jasanya pun cukup terjangkau dan seringkali menawarkan promo menarik bagi setiap konsumennya.

Sejarah Ojek Online di Indonesia

Berdasarkan penelusuran dariberbagai sumber, ojek online mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia pada 2015 lalu. Saat itu, Gojek, salah satu perusahaan yang bergerak di layanan ojek online, telah meluncurkan aplikasinya untuk Android dan iOS.

Hadirnya aplikasi tersebut dinilai dapat memberi kemudahan bagi orang-orang yang ingin memesan kendaraan secara cepat hanya lewat smartphone. Biayanya sendiri terukur dari jauhnya jarak yang ditempuh. Gojek pun dianggap jadi pelopor layanan ojek online di Indonesia.

Gojek sudah berdiri sejak 2010 yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Beliau saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (RI).

Selain Gojek, ada juga beberapa perusahaan lain yang menawarkan jasa ojek online di Indonesia, seperti Grab, Maxim, dan lain-lain.

Perlengkapan Ojek Online

Bagi Anda yang baru akan atau sudah bekerja sebagai driver ojek online, perlu tahu perlengkapan apa saja yang harus dimiliki. Berikut ini adalah daftar perlengkapannya.

Smartphone

Perlengkapan pertama yang pastinya wajib dimiliki driver ojek online yaitu smartphone. Smartphone digunakan sebagai alat komunikasi antara driver ini dengan konsumen yang memesan jasanya.

Bila belum punya smartphone, driver ojek online tidak perlu khawatir harus menyiapkan bujet banyak untuk membelinya. Saat ini, banyak merek smartphone yang dijual dengan harga cukup terjangkau.

Driver ojek ini juga bisa membeli smartphone bekas jika memiliki bujet sangat pas-pasan. Ada sebagian smartphone bekas yang kualitasnya masih bagus dengan harga terjangkau. Driver ojek online bebas menggunakan smartphone dari merek apapun asalkan memiliki sinyal yang bagus sehingga komunikasi dengan konsumen selalu lancar.

Phone Holder

Perlengkapan kedua adalah phone holder. Perlengkapan satu ini banyak digunakan oleh pengguna motor maupun mobil untuk membaca peta jalan atau menerima telepon selama berkendara.

Perlengkapan tersebut juga membantu driver ojek online saat menjalankan tugasnya dalam menerima pesanan dari konsumen. Biasanya, phone holder disematkan di stang motor atau dasbor mobil. Untuk harganya sendiri, terjangkau mulai puluhan ribu rupiah.

Pengguna tidak perlu khawatir phone holder mudah copot saat berkendara. Rata-rata, alat ini dirancang tahan guncangan sehingga aman digunakan untuk berkendara. Selain itu, driver ojek online juga bisa menggunakan gurita hp yang bisa ditempel di mana saja.

Perlengkapan ini dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan ponselnya untuk melihat peta jalan saat berkendara, dan sebagainya tanpa takut jatuh di tengah jalan.

Power Bank

Pengisi daya ponsel atau power bank juga menjadi perlengkapan yang wajib dimiliki oleh driver ojek online.

Alat tersebut memudahkan driver ojek online untuk menjalankan tugasnya seharian. Kebanyakan driver pastinya tidak sempat mengecas ponselnya di rumah atau tempat lain yang menyediakan alat pengisi daya ponsel.

Sama seperti phone holder, sudah banyak power bank yang dijual dengan harga terjangkau sehingga driver ojek online tidak perlu pusing memikirkan bujet untuk membelinya.

Selain itu, power bank yang dijual saat ini memiliki berbagai ukuran, termasuk ukuran kecil yang memudahkan driver ojek online untuk membawa perlengkapan tersebut selama bertugas.

Sarung Hp Waterproof

Disarankan bagi setiap driver ojek online untuk memiliki perlengkapan yang satu ini. Seperti namanya, sarung hp waterproof merupakan sarung yang berfungsi untuk menyimpan ponsel agar tidak terkena air.

Sarung ini sangat membantu driver ojek online saat bekerja dalam kondisi hujan. Dengan menggunakan sarung hp waterproof, ponsel driver ini tidak akan mengalami kerusakan akibat kemasukan air hujan.

Untuk menggunakannya, cukup digantung di leher dan ponsel dimasukkan ke sarung tersebut.

Jas Hujan

Tak hanya sarung hp waterproof, sebaiknya driver ojek online juga memiliki dua jas hujan, satu untuk driver dan satu lagi untuk konsumen.

Jas hujan tentu membantu driver ojek online serta konsumennya agar tidak basah saat hujan. Disarankan tidak memilih jas hujan yang bahannya mudah sobek meskipun harganya sangat murah.

Lebih baik memiliki jas hujan yang berkualitas bagus dengan harga sedikit lebih mahal. Driver ojek online tidak perlu membeli jas hujan berkali-kali akibat kualitasnya kurang bagus yang akhirnya membuat pengeluaran jadi besar.

Tak ketinggalan, sebaiknya driver ojek online juga memiliki jaket yang nantinya akan dibutuhkan saat berkendara dalam kondisi dingin.

Earphone

Earphone jadi salah satu perlengkapan yang bisa membantu driver ojek online saat bekerja. Selama berkendara, driver ini tidak bisa mendengar suara konsumen dengan jelas saat ditelepon.

Oleh karena itu, dibutuhkan earphone yang bisa membantu driver-nya mendengar suara secara lebih jelas. Alat tersebut juga praktis dibawa kemana-mana. Saat tidak digunakan, driver ojek online bisa menyimpan earphone miliknya di saku celana atau tas yang lebih aman.

Helm

Helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dipakai saat berkendara dengan motor. Driver ojek online tidak hanya wajib memiliki helm untuk diri sendiri, tapi juga harus punya helm untuk penumpangnya.

Pastikan dua helm ini sudah berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia) agar benar-benar terjamin keamanan dan keselamatan selama berkendara.

Ring Holder

Ring holder bisa driver ojek online miliki untuk kenyamanan saat bekerja. Memegang ponsel terus-menerus pasti terasa melelahkan, khususnya bagi driver ojek online. Hal ini dapat menyebabkan ponsel yang dipegang tidak sengaja jatuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada ponselnya. Oleh karena itu, dibutuhkan ring holder.

Ring holder dapat membuat pengguna tidak cepat lelah memegang ponselnya. Selain itu, ring ini juga mencegah ponsel jatuh karena sudah ‘terkunci’ dengan jari pengguna.

Sarung Tangan

Perlengkapan selanjutnya adalah sarung tangan yang tentu dibutuhkan driver ojek online. Dengan menggunakan sarung tersebut, tangan tidak akan mudah lecet setelah mengendarai motor dalam waktu lama.

Masker

Tak ketinggalan, driver ojek online juga sebaiknya punya masker untuk digunakan saat berkendara. Masker bisa menghalau asap, debu dan virus.

Recommended Posts